Sukses


    5 Bek yang Potensial Jadi Langganan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menatap Piala AFF 2020 dengan percaya diri. Pelatih Shin Tae-yong memanggil pemain-pemain berkualitas dalam membentuk skuat terbaik.

    Sebanyak 26 pemain dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020. Kegiatan itu rencananya akan digelar di Turki pada 10 November 2021.

    Timnas Indonesi akan melakoni dua laga uji coba melawan Afghanistan (16/11/2021) dan Myanmar (25/11/2021) di sana. Dua laga itu dilakoni untuk mengukur persiapan tim.

    Dalam daftar pemain yang dipanggil merupakan kombinasi pemain muda dan senior. Pemain termuda adalah Elkan Baggott yang berusia 19 tahun, dan yang paling tua adalah Victor Igbonefo dengan usia 36 tahun.

    Menariknya, pelatih Shin Tae-yong hanya memanggil sembilan pemain yang berperan sebagai bek. Mereka akan bersaing memperebutkan empat tempat dalam skema 4-4-2.

    Tanpa mengecilkan pemain lain, Bola.com memprediksi lima nama bek yang berpotensi jadi langganan di skuat inti Timnas Indonesia. Siapa saja?

    2 dari 7 halaman

    Pratama Arhan

    Pratama Arhan merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sejak U-19. Berkat Shin Tae-yong pula Pratama Arhan mampu menembus skuad senior dan melakoni debut pada usia 19 tahun 5 bulan dan 8 hari.

    Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong tak lepas dari penampilan apik Pratama Arhan. Sebagai bek sayap kiri, Pratama Arhan tidak hanya andal dalam menjaga pertahanan, namun turut membantu serangan.

    Pratama Arhan sejauh ini sudah tampil sebanyak lima kali di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Pemain PSIS Semarang itu sukses mengumpulkan 405 menit bermain.

    3 dari 7 halaman

    Asnawi Mangkualam

    Karier Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia meningkat sejak diasuh Shin Tae-yong. Situasi itu terjadi berkat kontribusi sang pemain di lapangan.

    Asnawi Mangkualam menjelma menjadi bek sayap kanan yang tangguh. Penampilan apiknya itu pula yang membuka jalannya berkarier di K-League 2 bersama Ansan Greeners.

    Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam sejauh ini mendapatkan kepercayaan bermain sebanyak tujuh kali. Pemain berusia 22 tahun itu mengumpulkan 507 menit bermain.

    4 dari 7 halaman

    Victor Igbonefo

    Penampilan Victor Igbonefo di Timnas Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Pelatih Shin Tae-yong sampai memanggil sang pemain untuk bertanggung jawab di lini belakang Timnas Indonesia pada Play-off Piala Asia 2023.

    Victor Igbonefo tampil mengesankan dalam ajang tersebut sehingga Timnas Indonesia tak terkalahkan. Victor Igbonefo bekerja keras menjaga lini pertahanan Timnas Indonesia.

    Ketika itu Victor Igbonefo melakukan 10 intercept. Selain itu, pemain berusia 36 tahun itu juga turut melakukan dua clearance.

     
    5 dari 7 halaman

    Fachruddin Aryanto

    Fachruddin Aryanto bisa jadi opsi untuk meningkatkan kualitas lini belakang Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong pun sudah akrab menggunakan pemain berusia 32 tahun itu.

    Fachruddin Aryanto merupakan bek yang tidak kenal ampun dan siap memotong serangan lawan. Selain itu, pemain Madura United itu juga sering jatuh bangun untuk menjaga kesucian lini pertahanan Timnas Indonesia.

    Memiliki bek tengah yang tangguh membuka peluang Timnas Indonesia untuk meraih gelar Piala AFF 2020. Fachruddin Aryanto adalah sosok yang tepat karena sudah berpengalaman dan punya banyak jam terbang di Timnas Indonesia.

    6 dari 7 halaman

    Ryuji Utomo

    Ryuji Utomo mendapatkan kesempatan tampil sekali pada laga Play-Off Piala Asia 2023. Ryuji Utomo diduetkan dengan Victor Igbonefo di jantung pertahanan Timnas Indonesia.

    Ryuji tampil mengesankan sepanjang pertandingan melakukan tiga kali intercept dan sekali clearance. Penampilannya sukses mencetak serangan ke lini pertahanan Tim Garuda.

    Ryuji saat ini membela Penang FC di Malaysia. Kehadirannya tentu sangat dibutuhkan Timnas Indonesia di Piala AFF nanti.

    7 dari 7 halaman

    Daftar Lengkap Skuad Timnas Indonesia

    Kiper

    1. M. Riyandi, Barito Putera

    2. Syahrul Fadillah, Persikabo 1973

    Bek

    3. Fachrudin Aryanto, Madura United

    4. Victor Igbonefo, Persib

    5. Ryuji Utomo, Penang FC

    6. Alfeandra Dewangga, PSIS

    7. Elkan Baggott, Ipswich Town U-23

    8. Pratama Arhan, PSIS

    9. Edo Febriansyah, Persita

    10. Marckho Meraudje, Borneo FC

    11. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

    Gelandang

    12. Evan Dimas, Bhayangkara FC

    13. Kadek Agung, Bali United

    14. Rachmat Irianto, Persebaya

    15. Ahmad Agung, Persik Kediri

    16. Ricky Kambuaya, Persebaya

    17. Syahrian Abimanyu, Johor Darul Ta'zim

    18. Irfan Jaya, PSS Sleman

    19. Ramai Rumakiek, Persipura

    20. Witan Sulaeman, Lechia Gdanks

    21. Egy Maulana Vikri, FK Senica

    22. Yabes Roni, Bali United

    Penyerang

    23. Kushedya Hari Yudo, Arema FC

    24. Dedik Setiawan, Arema FC

    25. Hanis Saghara, Persikabo 1973

    26. Ezra Walian, Persib

    Video Populer

    Foto Populer