Sukses


    Rapor Pelatih Asing Timnas Indonesia di Piala AFF: Hampir Saja, Opa Riedl

    Bola.com, Jakarta - Sepanjang keikutsertaannya di Piala AFF sejak 1996, Timnas Indonesia pernah ditangani oleh tiga pelatih asing. Alfred Riedl menjadi ekspatriat yang paling sering memoles tim berjulukan Skuad Garuda itu.

    Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong akan berlabel nakhoda asing keempat Timnas Indonesia di Piala AFF.

    Shin Tae-yong bakal membawa misi juara di Piala AFF 2020. PSSI memintanya untuk mengangkut trofi turnamen mayor se-Asia Tenggara itu untuk pertama kalinya ke Tanah Air.

    Shin Tae-yong memikul beban berat, lantaran pembatasan pemanggilan pemain per klub ke Timnas Indonesia. Skuad Garuda juga punya rekam jejak kurang gahar di Piala AFF.

    Sejak berkancah pada 1996, Timnas Indonesia belum pernah merasakan sensasi juara. Maksimal hanya lima kali menjadi runner-up dan menyaksikan tim lain merayakan gelar juara. 

    Selain Shin Tae-yong, siapa lagi pelatih asing yang pernah menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF?

    2 dari 5 halaman

    Alfred Riedl

    Mendiang Riedl yang wafat pada 8 Desember 2020 itu pernah tiga kali memoles Timnas Indonesia di Piala AFF, tepatnya pada 2010, 2014, dan 2016.

    Riedl mampu membawa Skuad Garuda ke final pada 2010 dan 2016, namun takluk dari Malaysia dan Thailand. Pada 2014, Timnas Indonesia terkapar di penyisihan grup.

    3 dari 5 halaman

    Ivan Kolev

    Peluang terbesar Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF terjadi pada 2002. Ketika itu, Skuad Garuda bermain 2-2 melawan Thailand dalam waktu normal.

    Kala itu, Timnas Indonesia dilatih oleh Ivan Kolev, peracik strategi bertangan dingin dari Bulgaria. Namun, Skuad Garuda kalah 2-4 dari tim berjuluk Changsuek itu pada adu penalti di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 29 Desember 2002. 

    4 dari 5 halaman

    Peter Withe

    Timnas Indonesia tampil menjanjikan pada fase grup Piala AFF 2004. Armada Peter Withe itu mampu menjuarai Grup A dengan tiga kemenangan dan sekali imbang.

    Superioritas Timnas Indonesia rontok pada laga final yang berlangsung dua leg. Skuad Garuda kalah 2-5 secara agregat dari Singapura.

    Peter Withe tetap dipertahankan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2007. Namun, arsitek asal Inggris itu gagal total karena Skuad Garuda tersungkur di penyisihan grup.

    5 dari 5 halaman

    Rekam Jejak Pelatih Asing Timnas Indonesia di Piala AFF

    Piala AFF 2002: Ivan Kolev ((Runner-up)

    Piala AFF 2004: Peter White (Runner-up)

    Piala AFF 2007: Peter White (Penyisihan)

    Piala AFF 2010: Alfred Riedl (Runner-up)

    Piala AFF 2014: Alfred Riedl (Penyisihan)

    Piala AFF 2016: Alfred Riedl (Runner-up)

    Video Populer

    Foto Populer