Sukses


    Nuri Sahin, Eks Real Madrid dan Liverpool yang Jadi Manajer Antalyaspor, Lawan Timnas Indonesia di Turki Sebelum Berlaga di Piala AFF 2020

    Bola.com, Antalya - Masih ingat dengan Nuri Sahin? Ya, pesepak bola yang sekitar 15 tahun lalu lekat dengan label wonderkid dari Turki. Bagaimana nasibnya sekarang? Pria berusia 33 tahun itu telah menjadi manajer Antalyaspor, klub yang akan menjadi lawan uji coba Timnas Indonesia di Turki.

    Di tengah ketatnya persaingan Super Lig 2021/2022 atau kasta teratas Liga Turki, Antalyaspor mendapatkan tantangan dari Timnas Indonesia untuk berlatih tanding pada 28 November 2021 di Antalya, Turki.

    Antalyaspor bakal menjadi lawan latih tanding ketiga Timnas Indonesia di Turki. Selain Antalyaspor, Timnas Indonesia juga akan menghadapi Afghanistan pada 16 November 2021 dan Myanmar pada 25 November 2021.

    Timnas Indonesia telah berada di Turki sejak 12 November 2021 untuk menggelar pemusatan latihan sekaligus rentetan uji coba sebagai persiapan untuk Piala AFF 2020 di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

    "Saya mendapatkan informasi Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan uji coba ketiga di Turki melawan Antalyaspor pada 28 November 2021," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, dalam pelepasan timnas U-18 ke Turki pada Senin (15/11/2021) di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

    2 dari 4 halaman

    Rekam Jejak Nuri Sahin

    Setelah membela Borussia Dortmund, Feyenoord, Real Madrid, Liverpool, dan Werder Bremen, Nuri Sahin pulang kampung ke tanah kelahiran orang tuanya, Turki, untuk bergabung dengan Antalyaspor pada 2020.

    Nuri Sahin juga punya 52 caps bersama Timnas Turki pada 2005-2017.

    Pada musim pertamanya dengan Antalyaspor, Nuri Sahin bermain dalam 36 pertandingan di Liga Turki. Namun, performanya masih belum bisa mengangkat timnya. Tim berjuluk Scorpions itu mengakhiri kompetisi di posisi ke-16.

    Delapan partai musim 2021/2022 berjalan, Antalyaspor memberhentikan posisi Ersun Yanal sebagai pelatih pada 4 Oktober 2021. Siapa yang menggantikannya? Nuri Sahin! Dia dipercaya untuk menjadi pelatih-pemain Scorpions.

    Ujungnya, Nuri Sahin berstatus manajer Antalyaspor. Dia dibantu oleh Alfons Groenendijk sebagai pelatih tim senior, Michael Lindeman dan Marcelo Lins Martins sebagai asisten pelatih, dan Murat Zturk selaku pelatih kiper.

    3 dari 4 halaman

    Dampak Positif

    Hingga kini, Nuri Sahin telah memimpin Antalyaspor dalam enam partai. Hasilnya lumayan positif, Scorpions mampu mendulang tiga kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah.

    Dua kemenangan beruntun di Liga Turki membuat Antalyaspor perlahan bangkit. Scorpions mulai menjauhi zona degradasi dengan menempati peringkat ke-14 dengan 15 poin dari 12 laga.

    Statusnya sebagai manajer Antalyaspor tidak memaksa Nuri Sahin pensiun dini sebagai pesepak bola. Media Spanyol, AS mengabarkan bahwa pencetak dua gol untuk Timnas Turki itu dapat berperan sebagai pelatih-pemain Scorpions.

    Namun, setelah diangkat sebagai manajer Antalyaspor, Nuri Sahin belum kembali beraksi menjadi pemain. Dia lebih fokus dengan jabatan barunya.

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Padat Antalyaspor

    Menangani Antalyaspor, Nuri Sahin punya dua pemain alumnus kompetisi top Eropa. Ada mantan gelandang AC Milan, Andrea Poli dan eks bek Espanyol, Naldo.

    Jadwal uji coba Antalyaspor dengan Timnas Indonesia sangat mepet dengan Liga Turki. Sehari sebelum latih tanding itu dimulai, Scorpions baru bertanding dengan Alanyaspor.

    Ada kemungkinan Nuri Sahin tidak memainkan komposisi terbaiknya ketika melawan Timnas Indonesia. Selain berdekatan dengan partai kontra Alanyaspor, Scorpions juga telah ditunggu Amed SK di Piala Turki pada 1 November 2021.

    Video Populer

    Foto Populer