Sukses


Catat! Jadwal Timnas Indonesia Vs Myanmar di Uji Coba Kedua Jelang Piala AFF 2020

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mendapatkan pelajaran berharga dalam laga uji coba pertama sebagai persiapan menuju Piala AFF 2020. Tim Merah-Putih kalah dengan skor tipis 0-1 dari Afghanistan di Gloria Sports Arena, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021) WIB.

Gawang Timnas Indonesia yang dikawal Muhammad Riyandi jebol di menit ke-85. Gol semata wayang Afghanistan dicetak oleh Omid Popalzay yang memanfaatkan kelengahan lini belakang Timnas Indonesia.

Penampilan anak asuh Shin Tae-yong sebenarnya tidak buruk, meski harus menyerah di pertandingan ini. Pratama Arhan dkk. tampil agresif dengan mengimbangi permainan Afghanistan, Timnas Indonesia sempat memiliki peluang mencetak gol.

Dua peluang terbaik di awal permainan datang dari Witan Sulaeman dan Dedik Setiawan, namun masih melebar. Begitu juga ketika Timnas Indonesia mengklaim mendapatkan hadiah tendangan penalti, saat Dedik Setiawan dijatuhkan pemain lawan di area terlarang. Namun tak dianggap sebagai pelanggaran oleh wasit.

Timnas Indonesia segera bangkit dan berbenah untuk menatap laga uji coba berikutnya. Yaitu menjajal sesama kontestan Piala AFF 2020, Myanmar di tempat yang sama seperti melawan Afghanistan, Stadion Gloria Sports Arena, Antalya, Turki, Kamis (25/11/2021) mendatang.

Melawan Myanmar, tentu akan menjadi kesempatan emas bagi Timnas Indonesia, mengingat calon lawannya itu merupakan tim kuda hitam di Asia Tenggara. Fachrudin Aryanto dkk. wajib banyak mempelajari kekurangan dan kelebihan sebelum tampil di Piala AFF 2020.

2 dari 3 halaman

Kekuatan Myanmar

Sementara untuk Timnas Myanmar, tim yang satu ini tak banyak melakukan kegiatan selama 2021. Bahkan bisa dibilang pertandingan yang sudah dijalani oleh tim berjulukan Asian Lions itu hanyalah tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Mei dan Juni lalu.

Myanmar pun mengalami kekalahan telak dalam tiga pertandingan tersebut, mulai dari 0-10 dari Jepang, 1-8 dari Kirgistan, dan 0-4 dari Myanmar. Dari data yang didapatkan Bola.com, Myanmar akan langsung bersiap untuk menatap Piala AFF 2020, di mana mereka berada satu grup bersama tuan rumah Singapura, Thailand, Filipina, dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Namun, pelatih Timnas Myanmar yang berasal dari Jerman, Antoine Hey, telah memanggil para pemain yang akan dibawanya untuk melakukan pemusatan latihan di Turki sekaligus menjalani laga uji coba dengan Timnas Indonesia. Myanmar hanya membawa 19 pemain ke Turki.

Berbeda dengan Afghanistan, pemain-pemain Myanmar seluruhnya merupakan pemain yang berkarier di liga domestik mereka sendiri. Selain itu ada beberapa pemain yang akan menjadi debutan setelah sebelumnya memperkuat Timnas U-23, seperti Aung Naing Win, Soe Aarkar, Kaung Htet Soe, dan Nay Moe Naing.

Selain itu juga ada pemain senior yang akan berpotensi mendapatkan debutnya bersama Myanmar, antara lain Myo Ko Tun dan Pyae Lyan Aung. Bek senior berusia 33 tahun, David Htan, masih akan mendapatkan kepercayaan untuk membimbing adik-adiknya beradaptasi di Timnas Myanmar, mengingat bek senior itu sudah 67 kali membela Asian Lions.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Myanmar

Jadwal Timnas Indonesia Vs Myanmar

  • Kamis, 25 November 2021
  • Stadion Gloria Sports Arena, Antalya, Turki
  • Kick-off: 20.00 WIB

Video Populer

Foto Populer