Sukses


    Sedih! Bendera Merah Putih Terancam Tidak Bisa Berkibar Temani Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Bendera Merah Putih terancam tidak dapat berkibar ketika Timnas Indonesia berkiprah di Piala AFF 2020. Sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) menjadi penyebabnya.

    Pada 7 Oktober 2021, WADA menjatuhkan sanksi terhadap tiga badan anti-doping nasional dan dua asosiasi internasional, termasuk LADI.

    Sanksi dari WADA kepada LADI di antaranya berupa larangan pengibaran bendera Indonesia dalam kejuaraan regional, kontinental atau dunia, atau kejuaraan dunia selain Olimpiade dan Paralimpiade selama setahun atau sampai hukuman tersebut dicabut.

    LADI mendapatkan hukuman dari WADA karena tidak patuh menaati aturan dan program anti-doping.

    Akibatnya, bendera Merah-Putih tidak dapat berkibar ketika tim bulutangkis putra Indonesia menjuarai Piala Thomas 2020 di Denmark pada 17 Oktober 2021 dan diganti oleh bendera PBSI.

    "Itu ranahnya bukan kami. Sejak kasus Piala Thomas, kami sudah bersurat ke Kemenpora dan LADI," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

    "Kami masih menunggu. Yang jelas, apapun keputusan yang diambil kami akan patuh karena aturannya demikian," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

    Pelarangan bendera Merah Putih untuk dikibarkan telah terjadi ketika Timnas Indonesia bertanding melawan Chinese Taipei dalam Kualifikasi Piala Asia 2023 di Thailand pada 7 dan 11 Oktober 2021.

    2 dari 3 halaman

    Target Juara

    Di sisi lain, Iriawan berharap Timnas Indonesia dapat menjuarai Piala AFF meski tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih. Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan resmi terkait pelarangan itu.

    "Mudah-mudahan bisa juara. Jika tanpa bendera Merah Putih, mudah-mudahan ada perubahan. Namun, kami tetap mengikuti aturan. Kami tidak bisa memaksakan," ucap Iriawan.

    Di Piala AFF, Timnas Indonesia tergabung di Grup B. Tim berjuluk Skuad Garuda itu bakal menghadapi Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

    3 dari 3 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Kamis, 9 Desember 2021

    Timnas Indonesia Vs Kamboja

    Minggu, 12 Desember 2021

    Laos Vs Timnas Indonesia

    Rabu, 15 Desember 2021

    Timnas Indonesia Vs Vietnam

    Minggu, 19 Desember 2021

    Malaysia Vs Timnas Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer