Sukses


    Pasang Surut Karier Yabes Roni di Timnas Indonesia: 4 Tahun Menunggu dan Pembuktian di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Butuh empat tahun bagi Yabes Roni Malaifani untuk bermain kembali di ajang resmi bersama Timnas Indonesia. Kali terakhir Yabes bermain untuk Skuad Garuda di ajang resmi terjadi saat SEA Games 2017.

    Timnas yang saat itu diarsiteki Luis Milla Aspas harus puas meraih perunggu. Sekarang perjuangannya dimulai kembali bersama Timnas Indonesia. Kali ini tantangannya lebih berat.

    Timnas Indonesia - Yabes Roni (Bola.com/Adreanus Titus)

    Bagaimana caranya agar Yabes bisa membantu Timnas Indonesia mencetak sejarah dengan membawa pulang gelar Piala AFF 2020?

    Indonesia selalu menjadi runner-up ajang ini jika masuk final. Total lima kali sudah Timnas Indonesia hanya bisa mencicipi partai final tanpa sekalipun berhasil memenangkannya.

    Yabes memulai karier di dunia sepak bola saat era Indra Sjafri menjadi pelatih Timnas U-19 pada 2013 lalu. Saat itu, Indra Sjafri blusukan mencari pemain di seluruh Indonesia. Akhirnya dia menemukan talenta berbakat dari Alor, Nusa Tenggara Timur Bernama Yabes Roni.

    Dari berbagai sumber, Yabes dipilih karena memiliki kecepatan mumpuni. Makanya Indra Sjafri mengajaknya untuk melakukan seleksi lanjutan di Timnas Indonesia U-19.

    2 dari 3 halaman

    Perjuangan Menembus Skuad

    Meskipun dipanggil seleksi, tidak serta merta dia langsung menembus skuad Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19. Momen bersejarah kala menggondol gelar perdana di AFF U-19 pun terlewatkan. Beberapa bulan berselang, Yabes akhirnya dipanggil kembali untuk mengikuti kualifikasi Piala AFC U-19.

    Hingga akhirnya dia ikut bersama Indra Sjafri menuju Bali United pada tahun 2015. Dia menjadi satu dari beberapa pemain seperti Ricky Fajrin dan Fadil Sausu yang menjadi angkatan pertama skuad Bali United hingga saat ini.

    Tidak banyak menit bermain yang didapatnya bersama Bali United. Dia lebih banyak bermain dari bangku cadangan. Sejak Liga 1 2019, Yabes mulai dipinggirkan pelatih Bali United, Stefano Teco Cugurra.

    Hingga 2020, dia hanya bermain 59 menit di semua kompetisi. Di BRI Liga 1 2021/2022 menjadi titik balik kariernya. Dia bermain sembilan kali musim ini dan berhasil melesakkan satu gol dan satu assist.

    3 dari 3 halaman

    Doa dari Stefano Teco

    Yabes pun tampaknya harus berterima kasih kepada Rifad Marasabessy. Saat pemusatan latihan jelang menghadapi Chinese Taipei beberapa bulan lalu, Rifat telat bergabung dan akhirnya Shin Tae-yong mencoretnya.

    Alhasil, Yabes Roni yang menggantikan posisi Rifat saat itu. Pelatih Bali United, Stefano Cugurra mendoakan Yabes agar sukses bersama Timnas Indonesia. Bukan hanya Yabes, tapi juga Nadeo Arga Winata dan I Kadek Agung Widnyana Putra.

    “Mudah-mudahan bisa bantu Timnas untuk dapat hasil positif di AFF. Satu hal yang pasti bagi saya, panggilan ke Timnas Indonesia bagus untuk karier mereka, terutama karena bisa menjalani pertandingan internasional,” ucap Teco singkat.

    Video Populer

    Foto Populer