Sukses


    Timnas Indonesia Diuntungkan Hal Ini Jelang Hadapi Kamboja di Piala AFF 2020

    Bola.com, Singapura - Gelandang Timnas Indonesia, Syahrian Abimanyu, menatap percaya diri duel perdana di Grup B Piala AFF 2020 melawan Kamboja, Kamis (9/12/2021). Syahrian Abimanyu menyebut skuat Garuda punya potensi besar meraih kemenangan.

    Kepercayaan diri Syahrian Abimanyu timbul setelah Timnas Indonesia punya tambahan waktu persiapan jelang laga perdana Grup B Piala AFF 2020. Timnas Merah Putih memiliki waktu tambahan empat hari menuju laga perdana.

    Adapun Kamboja sudah bermain pada Senin (6/12/2021) melawan Malaysia. Setelah itu Kamboja punya waktu jeda istirahat tiga hari sebelum menghadapi Timnas Indonesia.

    "Tentunya kami masih punya waktu sekitar empat hari lagi. Jadi, kami bisa mempersiapkan yang terbaik dan mengikuti arahan pelatih," kata Syahrian Abimanyu.

    Selain ingin membantu Timnas Indonesia memenangi laga perdana, Syahrian Abimanyu juga ingin memberikan gelar Piala AFF 2020. Maklum, Indonesia sudah lima kali tampil di final dan selalu gagal juara.

    "Kalau untuk target pribadi, tentunya ingin membantu Timnas Indonesia mencapai final dan juara," tegas pemain yang akrab disapa Abi itu.

    2 dari 3 halaman

    Geber Adaptasi

    Sementara itu, Ramai Rumakiek menyebut Timnas Indonesia sedang berusaha untuk beradaptasi dengan cuaca di Singapura jelang Piala AFF 2020. Seperti diketahui, terdapat perbedaan cuaca yang drastis antara Singapura dengan Turki yang selama ini jadi tempat pemusatan latihan.

    "Kami baru dari Turki ke sini, baru beradaptasi dengan lapangan dan lapangan di sini juga cukup bagus," kata Ramai Rumakiek.

    "Kami enjoy latihan di sini. Kami juga menikmati apa yang diberikan dalam latihan oleh coach Shin Tae-yong," ucap pemain Persipura Jayapura itu.

    3 dari 3 halaman

    Dihantui Catatan Buruk

    Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja pada laga perdana di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). Melakoni duel ini, Skuad Merah Putih dihantui catatan buruk pada duel pembuka Piala AFF.

    Timnas Indonesia ternyata selalu gagal menang dalam pertandingan pembuka Piala AFF. Catatan buruk itu telah terjadi sejak edisi 2012 sampai saat ini.

    Artinya, sudah dalam empat edisi laga perdana di Piala AFF, Timnas Indonesia gagal menang. Pada edisi 2012, Indonesia ketika itu diimbangi Laos dengan skor 2-2 (25/11/2012).

    Hasil serupa dengan skor identik terjadi pada partai pembuka Piala AFF 2014. Timnas Indonesia ketika itu ditahan Vietnam dengan skor 2-2 (22/11/2014).

    Adapun pada laga perdana Piala AFF 2016, Timnas Indonesia menyerah 2-4 dari Thailand (19/11/2016). Kekalahan juga terjadi pada pertandingan perdana Piala AFF 2018 di mana Timnas Indonesia menyerah 0-1 dari Singapura (9/11/2018).

    Video Populer

    Foto Populer