Sukses


    Sad Ending Kali Terakhir Timnas Indonesia Menang pada Laga Pertama Piala AFF, Semoga Tak Terulang

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan pada laga perdana mereka di Grup B Piala AFF 2020 atas Kamboja, Kamis (9/12/2021) malam WIB. Bertanding di Bishan Stadium, Singapura, Ricky Kambuaya dkk. menang 4-2.

    Ricky Kambuaya terpilih menjadi man of the match pada laga ini. Gelandang Timnas Indonesia itu memberikan satu assist kepada Ramai Rumakiek pada babak kedua yang dituntaskan dengan tendangan ke pojok kiri gawang Kamboja.

    Satu pemain lagi yang bersinar adalah Rachmat Irianto. Bek serbabisa ini melesakkan dua gol, di mana keduanya lahir lewat tandukan dan diawali lewat skema tendangan penjuru.

    Evan Dimas turut menyumbangkan gol pada menit 17' melalui sepakan rendahnya. Sang kapten begitu piawai memimpin rekan-rekannya dari lini tengah sekaligus mengkreasi serangan.

    Adapun kemenangan ini sekaligus memutus tren buruk Timnas Indonesia di Piala AFF yang tak pernah menang pada laga perdana dari dua edisi sebelumnya. Kali terakhir didapat pada 2010, akhir seperti apa yang menimpa Merah Putih kala itu?

    2 dari 4 halaman

    Mulus selama Babak Grup

    Timnas Indonesia memulai perjalanannya di Piala AFF 2010 dengan manis. Firman Utina dkk. menang telak 5-1 atas rival, Malaysia.

    Tim Garuda saat itu ditangani oleh Alfred Riedl, pelatih asal Austria yang ditunjuk sebagai pelatih mulai 4 Mei 2010. Pelatih yang punya pengalaman menangani Timnas Vietnam dan Laos itu ditunjuk tidak hanya menangani Timnas Indonesia, tapi juga Timnas Indonesia U-23.

    Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Malaysia, Thailand, dan Laos. Boleh dibilang selain Laos, Tim Garuda harus menghadapi dua pertandingan yang bakal berlangsung secara intens, di mana Thailand merupakan tim kuat Asia Tenggara sementara Malaysia merupakan rival Indonesia di kawasan ASEAN.

    Mohammad Nasuha cs menang telak 5-1, di mana dua debutan Tim Garuda saat itu, Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim turut mencetak gol.

    Kemenangan besar tersebut berlanjut karena Timnas Indonesia menghadapi Laos di pertandingan kedua. Tim Garuda menang telak dengan setengah lusin gol bersarang di gawang Laos yang dikawal Sengphachan Bounthisanh. Firman Utina mencetak dua gol dalam pertandingan itu, di mana Irfan Bachdim juga kembali mencetak gol.

    Dalam pertandingan terakhir, Timnas Indonesia menghadapi Thailand. Tim Gajah Perang yang diprediksi tampil kuat seperti pada edisi-edisi sebelumnya tercecer dalam dua laga pertama. Mereka bermain imbang 2-2 dengan Laos dan tanpa gol dengan Malaysia.

    Performa Thailand dalam dua laga tersebut membuat Timnas Indonesia mampu memberikan perlawanan yang bagus. Thailand sempat unggul lebih dulu lewat gol Suree Sukha pada menit ke-69.

    Namun, Bambang Pamungkas mampu menjadi penyelamat Tim Garuda dari kekalahan. Dua gol penalti yang dicetaknya pada menit ke-82 dan 90'+1 menjadi penentu kemenangan Tim Garuda.

     

    3 dari 4 halaman

    Sad Ending yang Semoga Tak Terulang Kembali

    Duel kontra Malaysia di pertandingan final ini tentu membangkitkan asa yang begitu besar bagi penggemar Tim Garuda melihat Bambang Pamungkas dkk. untuk pertama kalinya meraih gelar juara di Piala AFF. Apalagi mereka punya pengalaman menang telak 5-1 di fase grup.

    Malaysia lebih dulu menjadi tuan rumah di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada leg pertama pertandingan final. Tim Garuda seakan tak berdaya menghadapi Malaysia, terutama pada babak kedua.

    Tim asuhan Alfred Riedl itu pulang dari Kuala Lumpur dengan kekalahan telak 0-3, di mana semua gol Malaysia tercipta pada babak kedua. Tim Garuda tak hanya harus mengejar defisit tiga gol pada leg kedua yang digelar di SUGBK, tapi juga tidak memiliki satu gol tandang pun yang bisa menguntungkan.

    Berharap bisa mengandalkan dukungan penuh suporter Garuda di pertandingan leg kedua di SUGBK, Timnas Indonesia justru kebobolan lebih dulu oleh Safee Sali pada menit ke-54. Defisit empat gol jelas bukan lagi sesuatu yang mudah dikejar, apalagi laga hanya menyisakan 35 menit saja.

    Pada akhirnya, Tim Garuda menang 2-1 dalam pertandingan tersebut. Muhammad Nasuha dan Muhammad Ridwan menjadi pencetak gol bagi Timnas Indonesia. Sayang, gelar juara Piala AFF harus lepas dari tangan Tim Garuda dan menyerahkannya kepada Timnas Malaysia di depan pendukung Timnas Indonesia di SUGBK.

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Kamis, 9 September 2021

    • Timnas Indonesia Vs Kamboja 4-2

    Minggu, 12 Desember 2021

    • Laos Vs Timnas Indonesia

    Rabu, 15 Desember 2021

    • Timnas Indonesia Vs Vietnam

    Minggu, 19 Desember 2021

    • Malaysia Vs Timnas Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer