Sukses


    3 Opsi Bek Tengah Timnas Indonesia Saat Jumpa Laos di Piala AFF 2020: Duet Alfeandra Dewangga dan Ryuji Utomo Masih Bocor

    Bola.com, Jakarta - Performa menara kembar di jantung pertahanan Timnas Indonesia saat melawan Kamboja pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020, di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB, dianggap banyak pihak kurang maksimal.

    Maklum meski Timnas Indonesia menang atas Kamboja dengan skor 4-2, skuad asuhan Shin Tae-yong harus kebobolan dua gol. 

    Untuk diketahui, duet bek tengah yang diturunkan Shin Tae-yong saat bersua Kamboja adalah Alfeandra Dewangga dan Ryuji Utomo. Duo bek tengah itu akhirnya dipecah pada babak kedua. Ryuji Utomo digantikan Victor Igbonefo, pemain naturalisasi asal Nigeria.

    Di posisi bek tengah, Shin Tae-yong memiliki beberapa alternatif. Selain Alfeandra Dewangga, Ryuji Utomo, dan Victor Igbonefo, ada juga Fachrudin Aryanto, Rizky Ridho, hingga Elkan Baggott.

    Lantas, apakah duet bek tengah Ryuji Utomo dan Alfeandra Dewangga masih cocok dipertahankan untuk laga kontra Laos? Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung Minggu (12/12), di Bishan Stadium.

    Lalu, duet siapa yang mungkin lebih cocok dipakai untuk pertandingan melawan Laos? Berikut analisisnya didasarkan kepada kebutuhan pertandingan nanti.

     

    2 dari 4 halaman

    Elkan Baggott - Fachruddin Aryanto

    Sudah bergabungnya Elkan Baggott memberi harapan besar untuk Timnas Indonesia. Dengan postur tubuh tinggi menjulang dan pengalaman bermain di Inggris, diharapkan ia bisa memperkuat barisan pertahanan.

    Bila dipasangkan dengan Fachruddin Aryanto, bisa menjadi tembok kembar yang sepadan. Di atas kertas, keduanya tidak akan kerepotan dalam menahan serangan Laos, yang di dua laga awal Grup B kalah 0-2 dari Vietnam dan 0-4 dari Malaysia.

     

    3 dari 4 halaman

    Elkan Baggott - Victor Igbonefo

    Duo bek tengah ini sama-sama memiliki ketenangan dalam bermain. Bila dipasangkan, akan membentuk poros muda dan berpengalaman.

    Elkan Baggott usianya masih 19 tahun. Sementara Victor Igbonefo sudah 36 tahun.

    Artinya, Victor Igbonefo dengan pengalamannya bisa memberi ketenangan. Sedangkan Elkan Baggott dapat diandalkan untuk menghadang penyerang lawan, jika diajak terus berlari atau duel udara.

     

    4 dari 4 halaman

    Elkan Baggott - Ryuji Utomo

    Pasangan bek tengah ini juga potensial untuk diturunkan dalam pertandingan Timnas Indonesia versus Laos. Ryuji Utomo pasti sudah belajar dari pengalaman pada pertandingan melawan Kamboja yang kurang maksimal.

    Lalu Elkan Baggott bisa menjadi pasangan sepadan buat Ryuji Utomo di pos pertahanan karena punya semangat baru dalam debut di Timnas Indonesia senior. Kemampuan dua bek tengah ini juga tak jauh berbeda.

    Perbedaannya hanya ada di atmosfer kompetisi yang diikuti keduanya. Elkan Baggott di Liga Inggris bersama Ipswich Town U-23, sementara Ryuji di Liga Malaysia dengan Penang FC.

    Video Populer

    Foto Populer