Sukses


    Man of the Match Laos Vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2020: Witan Sulaeman Makin Mengesankan

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali memetik kemenangan di Piala AFF 2020. Tak tanggung-tanggung, kali ini mereka unggul 5-1 atas Laos dalam lanjutan Grup B di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12/2021).

    Lima gol skuat Garuda masing-masing disumbang oleh Asnawi Mangkualam (23’-penalti), Irfan Jaya (35’), Witan Sulaeman (56’), Ezra Walian (77’), dan Evan Dimas (84’). Sedangkan gol balasan Laos dicetak oleh Kydavone Souvanny (41’).

    Satu pemain yang mencuri perhatian di pertandingan adalah Witan Sulaeman. Dia sebenarnya baru masuk pada awal babak kedua dengan menggantikan Kushedya Hari Yudo. Selama 45 menit tampil, Witan menjadi pembeda.

    Permainan Timnas Indonesia jadi lebih berkembang dengan masuknya pemain milik Lechia Gdansk ini. Variasi serangan juga bertambah mulai dari sisi sayap, hingga upaya penetrasi dari tengah lapangan.

    Pergerakannya di sisi sayap mampu mengejutkan pemain Laos yang terlihat beberapa kali gagal mengantisipasinya. Pelatih Shin Tae-yong terlihat sengaja memainkan Witan di paruh kedua untuk menambah daya gedor.

    Total, Witan membukukan masing-masing dua tembakan dan dua umpan kunci. Menariknya, masing-masing satu dari torehan itu menghasilkan gol dan assist. Itu sudah cukup membuktikan peran pentingnya buat Timnas Indonesia dalam pertandingan ini.

    2 dari 3 halaman

    Menghidupkan Aliran Permainan Timnas Indonesia

    Selain Witan, sebenarnya masih ada dua pemain lain yang juga sama-sama membukukan masing-masing satu assist dan gol. Mereka adalah Asnawi dan Irfan. Bedanya, permainan Witan membuat aliran serangan Timnas Indonesia lebih hidup.

    Tengok saja dengan apa yang dilakukannya pada menit ke-56. Dari Irfan Jaya yang mencetak assist dengan umpan tariknya, Witan mampu meneruskan dengan melepaskan tembakan keras mendatar yang gagal dibendung kiper Keo-Oudone Souvannasangso.

    Ezra Walian yang baru masuk berhasil menambah keunggulan Timnas Indonesia pada menit ke-77 juga berkat Witan. Dia memanfaatkan umpan tarik dari Witan di dalam kotak penalti dan melepas tendangan yang mulus masuk ke gawang Laos.

    3 dari 3 halaman

    Dua Laga Sulit Menanti

    Kemenangan 5-1 atas Laos membuat Timnas Indonesia mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Total, Tim Merah Putih sudah mencetak sembilan gol di Piala AFF, paling produktif di antara kontestan lain, hingga sebelum laga antara Vietnam dan Malaysia dimainkan pada Minggu malam.

    Raihan enam poin juga menjaga asa untuk lolos ke semifinal. Namun, masih ada dua pertandingan tersisa melawan dua tim kuat, yakni Vietnam (15 Desember) dan Malaysia (19 Desember).

    Video Populer

    Foto Populer