Sukses


    Deretan Pemain dari Antah Berantah yang Kini Jadi Andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil keluar sebagai juara Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi 10 poin dari empat laga. Kepastian itu didapat setelah kemenangan telak 4-1 atas Malaysia di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam.

    Gol-gol Timnas Indonesia disumbang oleh brace Irfan Jaya (36’ dan 43’), Pratama Arhan (50’), dan Elkan Baggott (82’). Malaysia sendiri sebenarnya unggul dulu lewat gol Kogileswaran Raj yang lahir pada menit ke-13.

    Sebelum kemenangan atas Malaysia, skuat Garuda memetik hasil yang cukup apik di Grup B Piala AFF 2020. Mereka berhasil unggul 4-2 atas Kamboja yang berlanjut dengan kemenangan 5-1 kontra Laos. Selain itu, Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Vietnam.

    Perolehan poin skuat Garuda sebenarnya sama dengan Vietnam. Selisih gol juga sama-sama sembilan. Namun, Timnas Indonesia berhak di posisi atas karena unggul produktivitas gol, yakni 13 berbanding sembilan.

    Tim arahan Shin Tae-yong itu juga berstatus sebagai kontestan paling produktif dalam urusan mencetak gol di Piala AFF 2020. Dalam empat laga, Evan Dimas dkk. mampu memasukkan sebanyak 13 gol.

    Berikutnya, Timnas Indonesia akan bersua dengan tuan rumah Singapura di laga semifinal. Pertandingan akan digelar dua leg pada Rabu (22 Desember) dan Sabtu (25 Desember) di Stadion Nasional, Kallang, Singapura.

    Performa apik Timnas Indonesia sendiri diiringi dengan kemunculan sejumlah nama baru yang mampu menembus skuat inti. Beberapa pemain ini baru menjalani pengalaman pertamanya di Piala AFF.

    Ada yang masih muda, ada pula yang sudah berusia di atas 25 tahun tapi menembus Timnas Indonesia berkat performa apik bersama klub di kompetisi BRI Liga 1. Siapa saja mereka? Simak ulasan Bola.com berikut ini:

    2 dari 5 halaman

    Ricky Kambuaya

    Sebelum Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya sudah membukukan dua gol dalam empat penampilan bersama Timnas Indonesia. Performa impresif itu kemudian membawanya berkesempatan tampil di turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut.

    Ricky masih tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia dalam empat laga fase grup. Mampu mengalirkan bola dengan baik di lapangan tengah. Kemampuannya dalam mendribel dan melepas tembakan juga sangat membantu Evan Dimas dkk.

    Sejauh ini, pemain asal Papua tersebut telah menyumbang satu assist dalam empat pertandingan. Dengan kontribusinya, Ricky Kambuaya diprediksi masih diandalkan untuk tampil melawan Singapura nanti.

     

    3 dari 5 halaman

    Pratama Arhan

    Bek kiri satu ini memiliki kemampuan yang unik. Dia bisa melakukan lemparan ke dalam dengan jangkauan yang jauh hingga menembus kotak penalti lawan. Tapi, kemampuannya tidak hanya urusan itu.

    Dia juga lebih banyak membantu serangan. Selain upaya umpan pendek atau crossing, pemain milik PSIS Semarang ini juga kerap membantu memberi ancaman dengan kekuatannya dalam menembak dan mengirim umpan kunci.

    Tampil dalam empat tiga pertandingan fase grup yang dijalani Timnas Indonesia, Pratama Arhan sudah menyumbang satu gol dan tiga assist. Ini merupakan kontribusi yang ciamik untuk seorang pemain yang berposisi sebagai bek kiri.

     

    4 dari 5 halaman

    Rizky Ridho

    Rizky Ridho telah membukukan dua penampilan bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pertama, saat Timnas Indonesia pesta 5-1 kontra gawang Laos (12/12/2021). Meski sempat kebobolan, dia masih tampil apik di laga itu.

    Berikutnya, namanya masuk starting eleven melawan Vietnam (15/12/2021). Dalam laga itu, Timnas Indonesia memainkan lima bek dan Rizky jadi satu dari tiga bek tengah bersama Fachrudin Aryanto dan Alfeandra Dewangga.

    Dia mampu menunjukkan ketangguhan dalam menahan gempuran para pemain Vietnam yang tampil menguasai permainan sepanjang pertandingan.

    Duel itu sendiri berakhir dengan kedudukan 0-0 dan Rizky punya peran penting membawa Timnas Indonesia membukukan clean sheet.

     

    5 dari 5 halaman

    Ramai Rumakiek

    Penyerang sayap muda Persipura Jayapura ini juga selalu mendapat kesempatan tampil dalam empat pertandingan Piala AFF 2020. Namun, sempat melakoni 3 laga sebagai pengganti, Ramai Rumakiek tampil sejak menit pertama kontra Malaysia.

    Ramai Rumakiek tercatat hanya membukukan 118 menit penampilan di Piala AFF 2020. Tapi, dia sudah menyumbang satu gol yang terjadi saat Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja di laga pertama (9/12/2021).

    Pada usia masih 19 tahun, Ramai Rumakiek memiliki kemampuan dalam mencari celah pertahanan lawan sebelum melepas tembakan. Dia juga dibekali dengan kemampuan melakukan tembakan keras yang membahayakan Malaysia.

    Video Populer

    Foto Populer