Sukses


    Strategi Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 Viral: Timnas Indonesia Obok-obok Malaysia, Dion Cools Cuma Jadi Mas-mas Biasa

    Bola.com, Jakarta - Strategi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, di Piala AFF 2020 mendapat apresiasi dari fans. Terutama pada laga melawan Malaysia (4-1) dan memastikan skuad Garuda lolos ke semifinal sebagai juara Grup B.

    Video pelatih asal Korea itu saat memberikan instruksi kepada pemain pun viral. Video suasana ruang ganti Timnas Indonesia di National Stadium, Singapura, diunggah oleh YouTube PSSI.

    Timnas Indonesia mampu mengalahkan Malaysia di Piala AFF 2020. Timnas Indonesia berhasil menggulung Malaysia 4-1 pada matchday terakhir Grup B Piala AFF di National Stadium, Kallang, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

    Skuad Garuda ini sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Kogileswaran Raj pada menit ke-13. Namun, Timnas Indonesia sukses menyamakan kedudukan lewat Irfan Jaya menit ke-43.

    Irfan Jaya membuat brace pada menit ke-43 untuk membawa Timnas Indonesia unggul 2-1, sebelum Pratama Arhan mencetak gol ketiga menit ke-50 dan gol Elkan Baggott menit ke-82 menutup pembantaian Skuad Garuda atas Malaysia.

    Kemenangan 4-1 kontra Malaysia bikin Timnas Indonesia menjadi juara Grup B. Skuad Garuda punya poin dan selisih gol yang sama dengan Vietnam, namun unggul agresivitas gol.

    Pada waktu yang sama, Vietnam menghajar Kamboja 4-0.

    "Saya sudah menduga Vietnam pasti bisa menang dengan mudah atas Kamboja. Saya memang harus memperhatikan poin. Kalau poin sama, berlanjut ke selisih gol," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca-laga.

    2 dari 3 halaman

    Dion Cools Mati Kutu

    Di dalam ruang ganti, melalui penerjemahnya, Jeong Seok-so, Shin Tae-yong mengungkap kelemahan-kelemahan pemain Malaysia yang mampu dieksploitasi pemain Timnas Indonesia.

    "Nomor dua (Dion Cools) baru saja datang, dia mudah capek. Main 30 menit staminanya pasti sudah habis. Capek sendiri," kata Jeong Seok-so menerjemahkan instruksi sang pelatih.

    Strategi itu sukses. Dion Cools mati kutu meladeni kecepatan dan agresivitas pemain Indonesia. Bek kanan Midtjylland itu juga kalaDion Cools duel udara melawan Elkan Baggott.

    "Nomor lima dan delapan tidak punya kecepatan. Drible sekali dorong sekali, ajak sprint sudah pasti lewat," lanjutnya.

    Yang dimaksud ialah Junior Eldstral dan Baddrol Bachtiar.

    "Jadi percaya diri saja, main!"

    3 dari 3 halaman

    Netizen Jadi Cemas

    Video itu pun viral di Instagram dan TikTok. Namun, fans Timnas Indonesia jadi cemas kalau strategi itu bocor dan tim lawan mempelajarinya.

    "Lah kok diumbar strateginya, ini kan rahasia dapur," tulis seorang fans di TikTok.

    "Enggak apa-apa, Shin Tae-yong selalu beda strateginya," timpal fans yang lain.

    Timnas Indonesia akan meladeni Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Leg pertama digelar pada Rabu (22/12/2021). Leg kedua pada Sabtu (25/12/2021).

    Video Populer

    Foto Populer