Sukses


    Jantung Ketua PSSI Hampir Copot Saksikan Perjuangan Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, menyambut bahagia kesuksesan Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu bahkan mengaku jantungnya hampir copot menyaksikan perjuangan dramatis pasukan Garuda.

    Timnas Indonesia menembus final Piala AFF 2020 setelah menyingkirkan Singapura dengan agregat 5-3. Pada laga leg kedua, pasukan Shin Tae-yong itu meraih kemenangan secara dramatis dengan skor 4-2 melalui duel yang diselesaikan dalam 120 menit.

    Kejar-kejaran gol terjadi dalam duel yang digelar di National Stadium itu. Timnas Indonesia unggul lebih dulu melalui aksi Ezra Walian (11'), namun disamakan pada menit ke-45+4' melalui Song Ui-young.

    Pada babak kedua, Singapura sempat berbalik unggul melaluiĀ eksekusi tendangan bebas Shahdan Sulaiman (74'). Beruntung Timnas Indonesia memiliki Pratama Arhan yang mencetak gol penyeimbang (87').

    Pada akhir babak kedua, Singapura sempat mendapatkan tendangan penalti. Namun, eksekusi tendangan 12 pas Faris Ramli digagalkan oleh Nadeo Argawinata. Duel kemudian berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

    "ā€˜Jantung saya mau copot. Ketika kedudukan 2-2 dan Singapura mendapat penalti. Paten penyelamatan Nadeo Argawinata," kata Mochamad Iriawan.

    Timnas Indonesia kemudian tampil gemilang dengan menambah dua gol lagi melalui aksi bunuh diri pemain Singapura, Shawal Anuar (91') dan gol dari Egy Maulana Vikri (105+2'). Hingga laga usai tak ada gol tambahan lagi.

    "Seru dan menegangkan. Skor saling susul. Selamat bagi semua pemain Timnas Indonesia yang tampil apik sepanjang dua kali semifinal ini," tegas Iriawan.

    2 dari 3 halaman

    Pesan Khusus

    Mochamad Iriawan memberi pesan khusus kepada seluruh pemain Timnas Indonesia. Iriawan berharap, pasukan Garuda bisa menuntaskan misi di Piala AFF 2020 dengan persembahan gelar.

    Menurut Iriawan, Timnas Indonesia tak gentar dan siap menghadapi siapapun pada laga final. Lawan Skuad Merah Putih akan ditentukan pada duel Vietnam Vs Thailand yang digelar Minggu (26/12/2021).

    "Pesan saya. Tuntaskan dua lagaĀ pada final dengan kemenangan. Thailand atau Vietnam lawan kita di final tidak ada masalah. Yang penting tetap fokus dan jangan lengah, kita pasti bisa," ucap Iriawan.

    3 dari 3 halaman

    Final Keenam

    Final Piala AFF 2020 menjadi yang keenam buat Timnas Indonesia sepanjang sejarah. Namun, tak satupun gelar yang pernah diraih pada laga final-final sebelumnya.

    Timnas Indonesia sebelumnya pernah berlaga pada final Piala AFF 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Ini menjadi momentum bagi skuad Merah Putih untuk meraih gelar dan mencetak sejarah.

    Namun, perjuangan yang akan dihadapi tentu tak mudah. Thailand atau Vietnam yang jadi lawan di final bakal menyajikan perlawanan yang sengit buat Asnawi Mangkualam dkk.

    Video Populer

    Foto Populer