Sukses


    National Stadium, Venue Final Piala AFF 2020 yang Menyisakan Kenangan Manis buat Thailand

    Bola.com, Jakarta - National Stadium atau Stadion Nasional di Singapura bakal jadi saksi bisu selebrasi juara Piala AFF 2020. Thailand yang akan menghadapi Timnas Indonesia pada dua leg partai final, ternyata punya hubungan romantis dengan stadion tersebut.

    National Stadium akan jadi venue final Piala AFF 2020 yang digelar pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Selama kejuaraan berlangsung, stadion megah ini sudah digunakan sepanjang penyisihan Grup A dan semifinal.

    Timnas Indonesia juga sekali memakainya, di mana Evan Dimas dkk. menang telak atas Singapura pada laga pemungkas Grup B dengan skor 4-1.

    Stadion yang terletak di pusat kota Singapura ini tidak hanya sebatas ruang olahraga, melainkan juga sarana wisata dan hiburan. National Stadium merupakan pusat dari Singapore Sports Hub. Singapore Sports Hub merupakan pusat hiburan dan rekreasi yang terintegrasi.

    Dilansir dari laman resmi Singapore Sports Hub dan berbagai sumber lainnya, National Stadium juga bisa disulap menjadi tempat olahraga lainnya, seperti atletik, rugby, dan kriket. Lokasi National Stadium sangat strategis. Dari kawasan pusat bisnis (CBD) dan Hotel Marina Bay Sands hanya berjarak sekitar 3 kilometer saja.

    Kabar kurang menyenangkan buat Timnas Indonesia, National Stadium pernah menjadi saksi kejayaan Timnas Thailand. Namun tentu saja, kisah romantis mereka masih bisa dirontokkan oleh Shin Tae-yong.

     

    2 dari 3 halaman

    SEA Games 2015

    National Stadium dibangun untuk mengakomodir penyelenggaraan SEA Games 2015. Seperti sudah dijelaskan, stadion ini tak cuma digunakan untuk sepak bola saja.

    Resmi dibuka kali pertama pada 30 Juni 2014, National Stadium dipakai untuk cabang olahraga sepak bola babak semifinal dan final SEA Games 2015.

    Menariknya, pada semifinal yang berlangsung 13 Juni 2015, Thailand mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak 5-0. Chanathip Songkrasin mencetak satu gol pada laga tersebut.

    Lalu di final, Thailand mengalahkan Myanmar 3-0 untuk memastikan medali emas SEA Games 2015. Gol dicetak masing-masing oleh Thanaboon Kesarat, Chananan Pombuppha dan Pinyo Inpinit.

    Setidaknya, ada tujuh pemain di skuad Timnas Thailand saat ini yang pernah meraih juara SEA Games 2015. Mereka adalah Suriya Singmui, Sarach Yooyen, Thitiphan Phuangchan, Naruebodin Weerawatnodom, Pakorn Prempak, Chanathip Songkrasin.

     

    3 dari 3 halaman

    Jadi Venue International Champions Cup

    Kalau stadion tidak sedang digunakan, atapnya dibiarkan terbuka. Hal tersebut untk menjaga rumput lapangan dalam kondisi sehat. Saat diresmikan pada 2014, National Stadium kedatangan klub ternama Italia, Juventus. yang langsung menjajal kemegahan stadion itu.

    Bukan hanya Juventus, beberapa tim besar Eropa seperti Manchester United, Paris Saint-Germain, Inter Milan, dan Tottenham Hotspur juga pernah merasakan bermain di National Stadium dalam rangka International Champions Cup Singapore. Stadion yang berkapasitas 55 ribu penonton itu berdiri di wilayah Singapore Sports Hub dengan luas 35 hektare.

    Singapore Sports Hub merupakan pusat olahraga, hiburan, dan gaya hidup yang canggih dan terintegrasi penuh. Ada banyak fasilitas yang terintegrasi disana, mulai olahraga, rekreasi, hingga edukasi. Mereka juga punya stadion indoor, pusat aquatic OCBC, kids waterpark, hingga perpustakaan olahraga Singapura.

    Video Populer

    Foto Populer