Sukses


    Starting XI Timnas Indonesia Saat Menaklukkan Thailand di Leg Pertama Final Piala AFF 2016, di Mana Mereka Sekarang?

    Bola.com, Jakarta - Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor, menjadi saksi bisu kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2016. Laga yang berlangsung pada 14 Desember 2016 itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Tim Garuda.

    Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia lebih dulu tertinggal dari Thailand. Teerasil Dangda mencetak gol ke gawang Tim Garuda pada menit ke-33.

    Namun, pada babak kedua, Timnas Indonesia bangkit dan berbalik unggul 2-1 lewat gol Rizky Pora pada menit ke-65 dan Hansamu Yama pada menit ke-70.

    Saat itu, Timnas Indonesia ditangani oleh Alfred Riedl, pelatih asal Austria yang sudah tutup usia pada 8 September 2020. Pada laga leg pertama final Piala AFF 2016 itu, Alfred Riedl menerapkan formasi 4-2-3-1.

    Alfred Riedl memainkan Kurnia Meiga di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Sang penjaga gawang dibantu empat pemain bertahan, yaitu Beny Wahyudi, Abduh Lestaluhu, Fachrudin Aryanto, dan Hansamu Yama.

    Kemudian ada Manahati Lestusen di posisi gelandang bertahan bersama Bayu Pradana. Kemudian di lini serang ada Boaz Solossa yang berdiri sebagai ujung tombak, dibantu Andik Vermansah dan Rizky Pora di sisi sayap dan Stefano Lilipaly sebagai playmaker.

    Pertanyaannya, di mana mereka semua saat ini? Siapa yang masih membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020?

     

     

    2 dari 12 halaman

    Kurnia Meiga

    Selepas membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2016, Kurnia Meiga perlahan menghilang. Ia mengalami sakit yang berkepanjangan, hingga harus melupakan karier sepak bolanya.

    Kurnia Meiga terakhir kali bermain bersama Arema FC di Liga 1 2017. Namun, itupun tidak tuntas hingga akhir musim. Sampai saat ini, ia masih belum kembali ke lapangan hijau.

     

    3 dari 12 halaman

    Beny Wahyudi

    Saat ini, Beny Wahyudi memperkuat PSIM Yogyakarta di kompetisi Liga 2. Posisi bermainnya masih sama, yaitu bek kanan.

    Pemain asli Malang ini pada saat memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 berstatus pemain Arema FC. Tapi, pada musim 2018, ia pindah ke Madura United, dan setahun berikutnya memperkuat PSM Makassar. Sekarang, usia Beny sudah 35 tahun.

     

    4 dari 12 halaman

    Abduh Lestaluhu

    Bek kiri ini namanya melambung usai ikut andil mengantarkan Timnas Indonesia mengalahkan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2016. Meski pada akhirnya Thailand yang juara, karena unggul agregat atas Indonesia pada leg kedua.

    Saat ini, Abduh Lestaluhu memperkuat Persis Solo. Pemain asal Tulehu itu baru saja mengantarkan tim berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut promosi ke Liga 1 musim depan.

     

    5 dari 12 halaman

    Fachrudin Aryanto

    Pemain di posisi bek tengah ini masih ada di Timnas Indonesia. Bahkan memperkuat skuad Garuda di Piala AFF 2020, yang sekarang masih berlangsung di Singapura sejak 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

    Fachrudin merupakan pemain yang muncul bersama PSS Sleman. Bek kelahiran Klaten ini menjadi lebih terkenal saat membela Madura United.

    Edisi 2020 ini menjadi Piala AFF kelima yang diikutinya. Sebelumnya, Fachruddin pernah bermain di Piala AFF 2012, 2014, 2016, dan 2018.

     

    6 dari 12 halaman

    Hansamu Yama

    Hansamu Yama saat ini bermain untuk Bhayangkara FC. Sebelumnya, ia pernah lama di Barito Putra (2014-2018), dan sebentar di Persebaya Surabaya (2019-2021).

    Pada 2016, Hansamu masih berusia 22 tahun. Ia selalu dipercaya mengisi tempat di posisi bek tengah. Namun, pada era Shin Tae-yong, ia belum pernah dipanggil lagi ke Timnas Indonesia.

     

    7 dari 12 halaman

    Manahati Lestusen

    Manahati Lestusen adalah pemain serbabisa. Ia dapat bermain di posisi bek kiri atau kanan, bek tengah, hingga gelandang bertahan.

    Saat memperkuat Timnas Indonesia dalam partai final leg pertama Piala AFF 2016 melawan Thailand, Manahati dimainkan sebagai gelandang bertahan.

    Sejak memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 hingga saat ini, ia merupakan bagian dari tim yang sama, yaitu PS TNI yang kini bernama Persikabo 1973.

     

    8 dari 12 halaman

    Bayu Pradana

    Bayu Pradana merupakan pemain kepercayaan Alfred Riedl pada 2016. Ia hampir tidak pernah absen dalam pemanggilan pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia hingga akhirnya masuk dalam skuad di Piala AFF 2016.

    Posisi bermain Bayu Pradana adalah gelandang bertahan. Saat ini, ia memperkuat Barito Putera di BRI Liga 1.

     

    9 dari 12 halaman

    Andik Vermansah

    Larinya yang kencang dengan dribel bola yang baik memberi nilai plus tersendiri. Andik Vermansyah saat ini memperkuat Bhayangkara FC.

    Ketika memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2016, Andik juga bermain di luar negeri. Pemain yang lahir di Jember pada 23 November 1991 ini memperkuat klub Liga Super Malaysia, Selangor FA.

     

    10 dari 12 halaman

    Stefano Lilipaly

    Saat ini, Stefano Lilipaly masih setia bersama Bali United. Ia memperkuat tim berjulukan Serdadu Tridatu itu sejak 2017.

    Pemain naturalisasi asal Belanda ini ikut berjasa membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2016.

    Posisi bermainnya adalah gelandang, dan ia merupakan kreator permainan. Namun, pada era Shin Tae-yong, kesempatan untuk dipanggil memperkuat skuad Garuda tampak tipis.

     

    11 dari 12 halaman

    Rizky Pora

    Sejak 2013 hingga sekarang, Rizky Pora masih menjadi andalan Barito Putera. Ia merupakan pemain yang menempati posisi sayap kiri, menyesuaikan dengan kaki kidal yang dimiliki.

    Saat mengalahkan Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2016, Rizky Pora menjadi satu di antara bintang lapangan. Namun sekarang, namanya lenyap dari Timnas Indonesia, dan ia juga tak pernah dilirik Shin Tae-yong.

     

    12 dari 12 halaman

    Boaz Solossa

    Pemain asal Papua ini di BRI Liga 1 2021/2022 memperkuat Borneo FC. Tim asal Kalimantan Timur itu bergerak cepat mendatangkannya, setelah tahu ada persoalan antara Boaz dan manajemen Persipura Jayapura.

    Final Piala AFF 2016 menjadi kiprah terakhirnya bersama Timnas Indonesia di pesta sepak bola Asia Tenggara itu. Hingga partisipasi terakhirnya, Boaz belum pernah merasakan gelar juara di Piala AFF.

     

    Video Populer

    Foto Populer