Sukses


    Hasil Final Piala AFF 2020: Seperti Diajarin Main Bola, Timnas Indonesia Babak Belur Diobrak-abrik Messi Thailand

    Bola.com, Kallang - Timnas Indonesia babak belur dihajar Thailand. Skuat arahan Shin Tae-yong itu takluk empat gol tanpa balas dalam leg pertama partai final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam.

    Tidak menunggu lama buat Thailand untuk mencetak gol. Kapten Chanathip Songkrasin mencatatkan namanya di papan skor saat laga baru berjalan di menit kedua. Dia memanfaatkan umpan tarik di kotak penalti Timnas Indonesia dengan sepakan keras yang gagal dibendung Nadeo Argawinata.

    Dalam kondisi unggul, Thailand tampil kian agresif. Mereka terus melancarkan serangan. Bahkan, skuat Gajah Perang mampu menekan saat kehilangan bola sehingga kerap berhasil menguasainya lagi dari Timnas Indonesia.

    Ancaman bertubi-tubi dari Thailand lahir di menit ke-14. Mulanya, Supachok Sarachat mengirim umpan silang kepada Bordin Phala yang menghasilkan tembakan ke gawang. Bola dihalau Asnawi Mangkualam dan disambut oleh Yusef Dolah. Beruntung, tembakannya kali ini mrlambung.

    Bordin Phala lagi-lagi merepotkan Fachruddin Aryanto di menit ke-21. Lewat tendangan bebas, dia melepas tembakan keras, namun masih melambung di atas mistar gawang Nadeo.

    Thailand masih tampil mendominasi dan giliran Teerasil Dangda yang melepas tembakan di menit ke-29. Dia memanfaatkan umpan dari Bordin Phala, tapi kali ini masih melebar di samping gawang Timnas Indonesia.

    Timnas Indonesia akhirnya membukukan peluang pertamanya di menit ke-35. Adalah Ricky Kambuaya yang jadi kreatornya dan memberi umpan di luar kotak penalti kepada Asnawi. Sayang, sepakan Asnawi masih belum menemui sasaran.

    Peluang emas Timnas Indonesia mencetak gol balasan lahir di menit ke-41. Witan Sulaeman mampu mengirim umpan silang matang ke jantung pertahanan Thailand. Minim pengawalan dari lawan, Alfeandra Dewangga melepas tembakan di dalam kotak penalti, sayangnya juga melambung.

    Jelang berakhirnya paruh pertama, kerja sama Bordin dan Supachok hampir membuat Thailand mencetak gol kedua. Untungnya Nadeo masih sigap menepisnya. Babak pertama Thailand 1-0 Timnas Indonesia.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 3 halaman

    Babak II

    Unggul 1-0 tidak membuat Thailand bermain bertahan. Di menit ke-50, Supachok hampir mencetak gol setelah menerima bola dari Chanatip. Beruntung buat Timnas Indonesia, sepakannya belum mengarah ke gawang.

    Thailand pun menggandakan keunggulan dua menit berselang. Lewat serangan balik, Supachok Sarachat berlari menembus kotak penalti Tim Garuda. Dia memberi bola kepada Chanatip yang mencetak gol kedua di menit ke-52.

    Thailand masih tidak mengendurkan serangan. Terdapat dua peluang yang diciptakan oleh Phitieat Sukjitthammakul fan Teerasil Dangda. Namun, sepakan dua pemain itu belum menemui sasaran di menit ke-54 dan ke-57.

    Timnas Indonesia akhirnya kembali memberi ancaman di menit ke-62. Irfan Jaya mampu menerima umpan terobosan dari Dedik Setiawan di dalam kotak penalti. Tembakannya mengarah ke gawang, sayang di blok oleh Siwarak Tedsungnoen.

    Skuat arahan Alexandre Polking malah mencetak gol lagi di menit ke-68. Phillip Roller mencetak assist keduanya lewat umpan silang. Umpan manisnya itu diteruskan oleh Supachok dengan tembakan mendatar yang lagi-lagi gagal dibendung Nadeo.

    Suporter Thailand kembali bersorak di menit ke-83. Serangan mereka masih gagal diantisipasi oleh para pemain Timnas Indonesia. Kali ini, Bordin Phala yang mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Worachit Kanitsribumphen.

    Unggul 4-0 tetap membuat Thailand tampil agresif. Giliran Worachit Kanitsribumphen yang memberi ancaman di menit ke-86. Sepakannya mengarah ke gawang, namun Nadeo mampu mematahkannya.

    Laga ini pun berakhir dengan kemenangan telak Thailand. Tertinggal empat gol membuat Timnas Indonesia punya tugas berat untuk pertandingan leg kedua yang akan digelar di stadion yang sama, Sabtu (1/1/2022).

    3 dari 3 halaman

    Susunan Pemain

    • Timnas Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Edo Febriansah; Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Dedik Setiawan
    • Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)
    • Thailand (3-6-1): Siwarak Tedsungnoen; Yusef Elias Dolah, Philip Roller, Tristan Do; Bordin Phala, Supachok Sarachat, Phitiwat Sookjitthammakul, Kritsada Kaman, Chanathip Songkrasin, Weerathep Pomphun; Teerasil Dangda
    • Pelatih: Alexandre Polking (Brasil)

    Video Populer

    Foto Populer