Sukses


    MOTION GRAFIS: Daftar Juara Piala AFF dari Masa ke Masa, Terbaru Thailand Sang Raja ASEAN

    Bola.com, Jakarta - Thailand kembali mengukuhkan status mereka sebagai raja ASEAN. Mereka mempertahankan status sebagai tim terbaik di Asia Tenggara itu setelah memenangkan Piala AFF 2022.

    Thailand berhasil mengamankan gelar Piala AFF ketujuhnya setelah mengalahkan Vietnam di leg ke-2 final Piala AFF 2022, dengan agregat 3-2. Theerathon Bunmathan menjadi pahlawan kemenangan Timnas Thailand. Sang kapten mencetak gol melalui tendangan keras dari luar kotak penalti.

    Piala AFF 2022 adalah edisi ke-14 turnamen yang digelar antar negara-negara di Asia Tenggara. Turnamen yang dahulunya bernama Piala Tiger itu pertama kali digulirkan pada tahun 1996 dan sejak saat itu turnamen ini menjadi agenda dua tahunan.

    Thailand yang berstatus sebagai juara bertahan edisi 2020 kembali berhasil juara di turnamen kali ini. Dari 14 kali turnamen ini digelar, Thailand sudah tujuh kali menyabet gelar juara. Hampir separuh turnamen dimenangkan oleh Thailand, dan semakin menguatkan status sebagai raja ASEAN.

    Tak hanya gelar juara, dua pemain senior Thailand, Teerasil Dangda dan Theerathon Bunmathan, mendapat penghargaan sebagai top skor dan pemain terbaik di turnamen kali ini. Dangda berhasil mencetak enam gol di Piala AFF 2022. Sedangkan Bunmathan dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen ini.

    Selain Thailand, masih ada beberapa negara yang pernah tercatat sebagai juara Piala AFF edisi-edisi sebelumnya. Kira-kira negara mana aja nih yang tercatat pernah juara? Berikut video daftar juaranya.

    Video Populer

    Foto Populer