Sukses


Luciano Leandro Menilai Brasil Berpeluang Meraih Hexacampeon di Piala Dunia

Bola.com, Makassar - Luciano Leandro, mantan gelandang PSM Makassar dan Persija Jakarta, menilai Timnas Brasil memiliki peluang besar meraih juara di Piala Dunia 2018.

"Ini akan jadi tahun terbaik terbaik buat Brasil meraih hexacampeon atau juara enam kali di ajang bergengsi itu," ujar Luciano yang juga berdarah Brasil pada Bola.com, Sabtu (16/6/2018).

Luciano punya alasan mengapa menjagokan negaranya. Menurutnya, Brasil memiliki lini serang terbaik dunia. Sosok Neymar, Countinho, William, Gabriel Jesus, Gabriel Jesus dan Douglas Costa diyakini Luciano bakal bersinar di Rusia.

"Brasil belajar banyak pada pengalaman pahit empat tahun lalu di kandang sendiri. Terutama saat dipermalukan Jerman di semifinal. Sekarang, secara mental, tim Brasil yang diperkuat pemain yang membela klub kompetisi elite Eropa jauh lebih dewasa," tutur Luciano.

Faktor mental dan materi yang merata membuat Brasil dinilai Luciano hampir sama seperti ketika merebut Piala Dunia 1962 di Chile. Ketika itu, Brasil mampu berjaya tanpa Pele yang cedera di babak penyisihan grup.

Sosok Tite sebagai pelatih Timnas Brasil jadi aktor penting di balik kebangkitan tim Samba.

"Tite pelatih cerdas dari segi taktik dan psikologis. Dia mampu membuat Brasil tidak terlalu bergantung pada seorang pemain. Ini sangat berbeda dibandingkan empat tahun lalu, di mana Brasil seperti kehilangan kekuatan ketika Neymar cedera," jelas Luciano yang baru saja mengikuti kursus A-Pro CBF bersama Gomes de Olivera (mantan pelatih Madura United) ini.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

2 Pesaing Brasil

Meski Timnas Brasil telah menjelma sebagai kekuatan menakutkan, Luciano tetap menilai Neymar sebagai kartu as tim Samba.

"Neymar bakal mengikuti jejak Pele di Timnas Brasil. Tapi, sekali lagi saya tegaskan, Neymar hanya bagian dari Brasil. Semua pemain saling mendukung membawa Brasil juara," lanjutnya.

Pelatih PSM Makasar, Luciano Leandro, saat jumpa pers jelang Trofeo Persija di Pomelotel, Jakarta, Jumat (8/4/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Di Rusia, Brasil tergabung di Grup E bersama E bersama Swiss, Kosta Rika, dan Serbia. Tim Samba akan mengawali aksi dengan meladeni Swiss pada Senin dini hari WIB (18/6/2018).

Terkait soal pesaing Brasil di Piala Dunia 2018, Luciano menyebut Jerman dan Spanyol, tim juara pada dua edisi terakhir Piala Dunia.

"Jerman dan Spanyol memiliki materi pemain yang memiliki mental dan teknik bagus. Tapi, saya yakin Tite sudah punya strategi tersendiri untuk membawa Timnas Brasil meraih hexacampeon," pungkas Luciano mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer