Sukses


Ironisnya Nasib Timnas Italia: Kampiun Euro 2020, Ukir Rekor Tak Terkalahkan Terlama, Eh Malah Gagal Lolos Ke Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - Nasib Timnas Italia benar-benar tragis. Belum genap setahun menikmati gelar juara Euro 2022, kini mereka jadi pesakitan setelah gagal melenggang ke Piala Dunia 2022. 

Pupus sudah harapan Timnas Italia melaju ke Piala Dunia 2022 setelah takluk 0-1 dari Makedonia Utara pada semifinal play-off Piala Dunia 2022, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB. Italia dipastikan hanya akan menjadi penonton event akbar yang akan berlangsung di Qatar tersebut. 

Kegagalan Italia benar-benar ironis. Bagaimana tidak, sekitar delapan bulan lalu Gli Azzurri baru saja menjuarai Euro 2020. 

Timnas Italia memang dinyinyiri hanya hoki bisa jadi kampiun Euro 2020, dengan mengalahkan Inggris di final. Tetapi, faktanya tim besutan Roberto Mancini adalah jawaranya. 

Berkat status mentereng itu, Timnas Italia digadang-gadang akan mulus saat melanjutkan kiprah di kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka diprediksi melenggang tanpa halangan berarti ke Qatar. 

Apalagi, pada September 2021 Italia mengukir rekor fantastis sebagai tim yang membukukan catatan tak terkalahkan terpanjang di kancah internasional. 

Timnas Italia resmi jadi tim pemegang rekor tak terkalahkan terlama sepanjang masa setelah bermain 0-0 melawan Swiss di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Italia tak tersentuh kekalahan dalam 36 pertandingan. Gli Azzurri, mengungguli Spanyol dan Brasil yang sebelumnya memegang rekor tak terkalahkan dalam 35 pertandingan.

Catatan tak terkalahkan Timnas Italia diperpanjang menjadi 37 laga beruntun, sebelum kandas di kaki Spanyol pada perhelatan UEFA Nations League. 

 

2 dari 3 halaman

Peruntungan Terjun Bebas

Setelah itu peruntungan Italia malah terjun bebas. Gli Azzurri gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022 setelah ditahan Irlandia Utara 0-0, pada 16 November 2021. 

Mereka hanya menjadi runner-up di bawah Swiss yang bercokol sebagai juara grup. Swiss mengoleksi 18 poin, sedangkan Italia 16. 

Italia harus menerima kenyataan berjuang melalui play-off dan bertemu dengan Makedonia Utara di semifinal. Ciro Immobile dan kawan-kawan dijagokan mudah mengatasi Makedonia Utara dan kemungkinan bersua Portugal di final play-off jalur C. 

Namun, apa daya Italia di luar dugaan malah keok. Pupus sudah asa mengikuti Piala Dunia 2022. 

Alih-alih mengejar gelar ganda Piala Eropa dan Piala Dunia, Italia malah merana. Timnas Italia malah absen dalam dua Piala Dunia secara beruntun, karena juga gagal lolos pada edisi 2018.  

3 dari 3 halaman

Perjalanan Timnas Italia

Juli 2022: Italia juara Euro 2022

September 2021: Italia mengukir rekor tak terkalahkan terlama di kancah internasional, 37 laga beruntun

Maret 2022: Italia gagal lolos ke Piala Dunia dalam dua edisi beruntun. 

Sumber: Squawka 

Video Populer

Foto Populer