Sukses


    Menuju Piala Dunia 2022: Yuk Mari Lihat Lagi Perang Terbuka Dua Negara di Benua Amerika, AS Vs Meksiko

    Bola.com, Jakarta - Pentas Piala Dunia tak menjadi jaminan tim dari satu benua gagal bersua. Lima benua dengan 32 peserta, justru memberi kemungkinan besar, terutama di area Eropa.

    Lalu bagaimana zona lain? Meski tak sebesar Eropa, peluang bentrok sesama wakil benua tertentu, tetap saja ada. Hal itu berlatar dari hasil yang diperoleh pada fase grup.

     

    Video Asyik Nih

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Kembali Lagi

    Dua tim dari zona CONCACAF yakni Meksiko dan Amerika Serikat kembali meramaikan Piala Dunia 2022 Qatar. Dua peserta lagi dari zona yang sama adalah Kanada dan Kosta Rika.

    Meksiko berada di Grup C bersama Argentina, Arab Saudi, serta Polandia. Sementara itu, Amerika Serikat di Grup B, yang juga dihuni Inggris, Iran, dan Wales.

     

    3 dari 6 halaman

    Kisah Silam

    AS dan Meksiko punya kisah klasik di masa silam. Tak seperti saat ini, dulu pertemuan keduanya selalu berlangsung ketat karena menyangkut harga diri.

    Maklum, baik AS maupun Meksiko merupakan dua kekuatan di zona CONCACAF. Duel ketat pada 1934 adalah pertemuan pertama kedua negara. Rivalitas terus bersemi hingga akhir 1980-an.

     

    4 dari 6 halaman

    Meksiko di Atas

    Secara prestasi, El Tri sedikit melampaui Abang Sam. Meski Amerika Serikat juga tampil digdaya di Piala Emas CONCACAF dengan enam gelar juara seperti halnya Meksiko, namun di ajang Copa America mereka kurang moncer. Pencapaian terbaik Amerika hanya mentok di peringkat empat edisi 1995.

    Meksiko memang tak pernah memenangkan Copa America. Namun, mereka sedikitnya sudah dua kali merengkuh final serta tiga semifinal. Namun dua kekalahan Meksiko di partai krusial menjadi penanda sepanjang masa bahwa Amerika pernah memperdaya El Tri.

     

    5 dari 6 halaman

    Bersua Pertama

    Pertama di semifinal Piala Emas CONCACAF 1991. Meksiko yang ketika itu difavoritkan malah kalah 1-2. Lalu di perempat final Copa America 1995, kembali El Tri tersungkur 1-4 via drama adu penalti.

    Pada Piala Dunia 2002, keduanya kembali bersua setelah sekian lama. Lolos dari fase grup masing-masing, AS dan Meksiko saling bunuh di babak 16 besar.

    Tampil impresif, AS yang dimotori bintangnya Landon Donovan menggasak musuh bebuyutannya dua gol tanpa balas. Kekalahan itu membuat Meksiko terdepak.

     

    6 dari 6 halaman

    Laga Lain

    Pada sisi lain, Donovan dkk melangkah ke perempat final sebelum. Sayang, langkah negara adidaya itu tak bertahan lama, karena langsung tersingkir ketika bersua Jerman.

    Pada Piala Dunia 2022 nanti, bukan tak mungkin keduanya bakal berhadapan lagi. Kalau itu terjadi, dendam masa lalu pastinya kembali merebak.

    Video Populer

    Foto Populer