Sukses


6 Tuan Rumah Piala Dunia Yang Jadi Jawara : Peluang Kecil untuk Qatar

Bola.com, Jakarta - Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Catatan ini menjadi sejarah, karena tak banyak negara yang punya kesempatan berstatus host bagi penyelenggaraan event paling bergengsi sejagad raya tersebut.

Namun, jika menilik prestasi, kecil kemungkinan bagi Qatar untuk bisa menjadi jawara di rumah sendiri. Gulfnews menyatakan, tak bermaksud meremehkan Qatar, tapi kualitas permainan mereka masih jauh dibandingkan dengan peserta lain, terutama yang berasal dari Eropa dan Amerika Selatan.

 

2 dari 8 halaman

Susah Bergerak

Artinya, bisa jadi Qatar tak akan bisa mengulangi prestasi enam negara lain yang menjadi juara ketika menghelat Piala Dunia. Beredar sejak 1930, Uruguay menjadi tuan rumah pertama yang memenangkan pesta bola terakbar empat tahunan ini.

Selain Uruguay, negara-negara seperti Italia, Jerman, Inggris, dan Brasil juga pernah angkat trofi di kandangnya. Pesta di kandang sendiri memang impian setiap negara.

Berikut kami ulas lagi negara tuan rumah yang pernah memenangkan Piala Dunia dari masa ke masa.

 

3 dari 8 halaman

Piala Dunia 1930 – Uruguay

Ini sangat spesial bagi Uruguay, karena mereka menjadi negara pertama yang memenangkan Piala Dunia di kandang sendiri. Bersua Argentina di final, La Celeste menang telak 4-2.

Kemenangan itu diwarnai aksi brutal pendukung Argentina yang tak terima dengan kekalahan tim kesayangan.

 

4 dari 8 halaman

Piala Dunia 1934 – Italia

Gli Azzurri tak terbendung. Sebelum melangkah ke partai puncak, Italia terlebih dulu melewati duel berat kontra Austria.

Austria yang awalnya kurang begitu diunggulkan, justru merangsek hingga ke semifinal dan berjumpa tuan rumah. Italia butuh kerja ekstra keras sebelum akhirnya menang tipis 1-0 berkat gol Enrico Guaita.

Berbekal modal itu, Italia mengalahkan Cekoslowakia 2-1 di final.

 

5 dari 8 halaman

Piala Dunia 1966 – Inggris

Di Wembley, Inggris dan Jerman Barat saling berhadapan. Dua raksasa Eropa itu siap melakoni duel hidup mati. Tuan rumah di atas angin.

Bermain di depan pendukung setianya membuat para penggawa Tiga Singa terlihat begitu percaya diri. Benar saja, mereka melumat Jerman Barat 4-2. Namun, sejak saat itu, Inggris tak pernah lagi menikmati podium kehormatan.

 

6 dari 8 halaman

Piala Dunia 1974 – Jerman Barat

Berlangsung dari 13 Juni - 7 Juli 1974, Jerman Barat memenangkan gelar pertama bergengsinya dan itu dalam kapasitas sebagai tuan rumah. Di final, Jerman Barat mengalahkan Belanda yang datang dengan revolusi total football-nya.

Sebelumnya, di edisi 1954 di Swiss, Jerman Barat juga keluar sebagai kampiun.

 

7 dari 8 halaman

Piala Dunia 1978 – Argentina

Sejatinya, tuan rumah tak mendapat label favorit untuk memenangkan gelar. Dua kekuatan, yakni juara bertahan Jerman dan Belanda masih lebih diunggulkan.

Namun, nasib baik justru lebih condong ke Argentina. La Albiceleste tampil di final. Lawan mereka Belanda. Duel berakhir 3-1 untuk kemenangan Tim Tango.

 

8 dari 8 halaman

Piala Dunia 1998 - Prancis

Setelah gagal pada edisi 1938, kali ini Prancis benar-benar tak ingin melewatkan begitu saja status sebagai tuan rumah. Menariknya, di final, Prancis membungkam kekuatan Brasil, yang kala itu masih diperkuat Ronaldo Luís Nazário de Lima.

Video Populer

Foto Populer