Sukses


    Sangar dan Tajam, Zlatan Ibrahimovic Tetap Punya Kekurangan: Tanpa Gol di Piala Dunia

    Bola.com, Jakarta - Ketajaman Zlatan Ibrahimovic sudah tidak diragukan lagi. Baik di level klub maupun Timnas Swedia. Namun, ternyata pesepak bola yang juga pemegang sabuk hitam taekwondo itu beum sekalipun mencetak gol ketika bermain di Piala Dunia.

    Zlatan Ibrahimovic total mencetak 492 gol di level klub sepanjang karier sepak bolanya Sementara di Timnas Swedia, Ibra sudah mencetak 62 gol dalam dua dekade terakhir, membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Timnas Swedia.

    Namun, dari total 554 gol yang sudah dicetaknya, plus prestasi bersama banyak klub yang dibelanya, ada satu aib yang masih ada di pikiran Ibrahimovic. Pemain setajam Ibrahimovic ternyata tak sekalipun mencetak gol ketika bermain di Piala Dunia.

    Zlatan Ibrahimovic mencetak gol pertamanya untuk Timnas Swedia dalam laga kontra Azerbaijan di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Total gol Ibrahimovic di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia adalah 14 gol, tapi tak satu pun gol tercipta di putaran final.

    2 dari 4 halaman

    Gagal Cetak Gol di Piala Dunia 2002

    Zlatan Ibrahimovic memulai debut Piala Dunia bersama timnas Swedia pada 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Saat itu Ibra masih berusia 19 tahun dan dipasang sebagai pelapis Henrik Larsson.

    Swedia kala itu berhasil keluar sebagai juara Grup F yang berstatus grup neraka. Dalam dua laga awal melawan Inggris dan Nigeria, Zlatan Ibrahimovic tidak diturunkan.

    Dalam laga melawan Argentina, Ibrahimovic sempat bermain selama dua menit, namun waktu sedikit itu tidak cukup bagi Ibra untuk mencetak gol.

    Pada Babak 16 Besar, Ibrahmovic kembali dimainkan pada menit ke-76 kala bertemu Senegal. Namun sayang, bermain hingga 120 menit babak perpanjangan, Ibra masih gagal untuk mencetak gol.

     

    3 dari 4 halaman

    Kembali Gagal pada 2006

    Empat tahun berselang, Zlatan Ibrahimovic kembali menjalani kampanye di Piala Dunia bersama Timnas Swedia. Namun, Ibrahimovic kembali gagal mencetak gol di Piala Dunia 2006.

    Kali ini Ibrahimovic punya kesempatan lebih untuk mencetak gol dengan menjadi starter Timnas Swedia. Namun, dua laga awal yang dijalani Ibrahimovic berjalan kurang mulus. Ia gagal mencetak gol saat melawan Trinidad and Tobago dan Paraguay.

    Laga terakhir melawan Timnas Inggris, Ibrahimovic sama sekali tidak dimainkan. Kesempatan terakhir Ibrahimovic muncul dalam laga babak 16 besar melawan Jerman.

    Ibrahimovic dipasang sebagai starter, tapi gagal mencetak gol pertamanya di Piala Dunia. Alhasil Swedia harus tersingkir akibat kekalahan 0-2 dari Jerman kala itu.

     

    4 dari 4 halaman

    Gagal Lagi pada Edisi 2010 dan 2014, Ditinggal saat 2018

    Zlatan Ibrahimovic gagal membawa Swedia bertanding di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Kegagalan itu bahkan sempat membuatnya ingin pensiun dari Timnas Swedia.

    Pada 2014, Ibrahimovic yang kembali punya kesempatan ke Piala Dunia harus menyerah dari Portugal di babak play-off Piala Dunia. Kekalahan itu menjadi kali kedua Ibra gagal membawa Swedia ke Piala Dunia.

    Angin segar bagi Swedia datang pada 2018. Saat itu mereka lolos ke Piala Dunia 2018, tapi mereka memutuskan untuk tidak mengajak Ibrahimovic. Sebab Ibra telah menyatakan pensiun dari Timnas Swedia setelah Piala Eropa 2016.

    Pada 2022, Swedia kembali diperkuat oleh Ibrahimovic. Namun, sayangnya Swedia kembali gagal merasakan kemewahan Piala Dunia karena kalah di babak play-off.

    Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby/Asad Arifin, published 18/8/2022)

    Video Populer

    Foto Populer