Sukses


4 Gol Cristiano Ronaldo Tak Mampu Bawa Timnas Portugal Berjaya di Piala Dunia 2018

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo merupakan sosok penting di Timnas Portugal pada perhelatan Piala Dunia 2018. Sayangnya, Ronaldo gagal membawa A Selecao berjaya di pesta sepak bola empat tahunan tersebut.

Portugal tampil di Piala Dunia 2018 dengan status sebagai kampiun Piala Eropa 2014. Timnas Portugal berhasil menjuarai Piala Eropa setelah mengalahkan Prancis dengan skor 1-0 di final.

Berbekal hasil tersebut, publik Portugal begitu berharap negaranya akan berbicara banyak di Piala Dunia 2018.

Tergabung di Grup B bersama Spanyol, Maroko, dan Iran, Portugal mengakhiri perjalanan pada fase grup dengan menempati posisi runner-up. Akan tetapi, langkah A Selecao harus terhenti di tangan Uruguay dengan skor 1-2 pada 16 besar.

Di turnamen yang diselenggarakan di Rusia tersebut, Cristiano Ronaldo yang berstatus kapten Timnas Portugal menorehkan beberapa pencapaian dan performa yang gemilang.

 

2 dari 5 halaman

Hat-trick Melawan Spanyol

Pada matchday pertama Grup B Piala Dunia 2018 kontra Timnas Spanyol, striker yang kini berusia 37 tahun langsung membuat gempar. Ronaldo memang menjadi bintang pada laga tersebut.

Berlaga di Olimpiysky Stadion Fisht, pemain yang mempunyai sapaan CR7 itu mencetak tiga gol. Adapun, laga ini sejatinya berlangsung ketat, karena aksi saling kejar gol tercipta hingga enam gol.

Gol pertama Cristiano Ronaldo tercipta lewat tendangan penalti setelah bek Spanyol, Nacho Fernandez, melanggarnya di kotak terlarang.

Jelang berakhirnya babak pertama, eks Real Madrid dan Juventus itu kembali membawa Portugal unggul. Bermula dari sepakan mendatar, gol kedua Ronaldo tercipta.

Kemudian Spanyol kembali memimpin lewat gol yang dilesakkan oleh Nacho. Tetapi, saat sepertinya laga akan berkesudahan dengan kemenangan Spanyol, Ronaldo menjadi pembeda.

Mendapat hadiah bola mati, pemain yang kini membela Manchester United itu menorehka hattrick via sepakan bebas dan memaksa laga berakhir imbang.

 

3 dari 5 halaman

Mencetak Satu Gol ke Gawang Maroko

Gol tunggal Cristiano Ronaldo sekaligus menyingkirkan Maroko dari Piala Dunia 2018. Ronaldo mencetak gol keempatnya di Piala Dunia 2018, sekaligus menempatkannya di daftar top skor sementara turnamen tersebut.

Gol bermula saat Ronaldo menerima umpan sepak pojok. Dengan sundulan kepalanya, CR7 menjebol gawang Maroko.

Gol Cristiano Ronaldo ini melengkapi caranya mencetak gol di Piala Dunia kali ini. Dalam dua laga di Piala Dunia 2018, Ronaldo sudah mencetak gol melalui kaki kanan, kiri, penalti, dan kepala.

Kemudian, dua gol dari kaki kanan terjadi saat laga kontra Spanyol, melalui tendangan bebas dan penalti. Satu gol lagi dari kaki kiri saat menjebol gawang De Gea yang blunder.

 

4 dari 5 halaman

Menyamai Pencapaian Bastian Schweinsteiger

Cristiano Ronaldo tercatat sudah tampil di empat Piala Dunia, empat Piala Eropa, dan satu kali Piala Konfederasi. Berkat penampilan di ajang-ajang tersebut, Ronaldo menyamai pencapaian legenda Timnas Jerman, Bastian Schweinsteiger.

Gelandang legendaris Der Panzer itu memiliki jumlah penampilan terbanyak di Piala Dunia dan Piala Eropa jika digabungkan. Mereka sama-sama tampil dalam 38 laga.

Sejak debut pada tahun 2003, Ronaldo telah mencetak 117 gol dan menjadi top skorer sepanjang masa timnas Portugal.

 

5 dari 5 halaman

Klasemen dan Jadwal Grup H Piala Dunia 2018

Klasemen Grup H
Pos Tim M K S Poin
  Portugal        
  Ghana        
  Uruguay        
  Korsel        

Jadwal dan Hasil Pertandingan

24 November 2022 : Uruguay Vs Korsel

24 November 2022 : Portugal Vs Ghana

28 November 2022 : Korsel Vs Ghana

28 November 2022 : Portugal Vs Uruguay

2 Desember 2022 : Ghana Vs Uruguay

2 Desember 2022 : Korsel Vs Portugal

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan/Serafin Unus Pasi/Published: 9/9/2022)

Video Populer

Foto Populer