Sukses


Kisah Ironis di Balik Kanada Tak Dapat Jersey Baru untuk Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - Akhir bulan lalu di kantor Nike yang terletak di Midtown New York City, Amerika Serikat, sejumlah eksekutif dari departemen desain berkumpul. Ada sejumlah perwakilan negara peserta Piala Dunia 2022 yang bekerja sama dengan Nike juga hadir.

Tetapi dari perwakilan negara peserta Piala Dunia yang hadir tidak ada dari Timnas Kanada. Padahal Nike menjadi pemasok seragam Timnas Kanada sejak Piala Dunia 1986.

Kanada bakal tampil di Piala Dunia lagi sejak 1986. The Canucks Les Rouges bakal menjalani edisi Piala Dunia keduanya di Qatar nanti.

Perjuangan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia atau Concacaf sangat panjang dan mengejutkan. Mereka berjuang dari bawah hingga menjadi juara grup mengalahkan Amerika Serikat dan Meksiko.

Lalu bagaimana cerita Timnas Kanada tidak mendapatkan jersey baru dari pabrikan Nike pada Piala Dunia 2022? Langsung saja kita simak ceritanya.

 

2 dari 5 halaman

Alasan Tidak Pakai Jersey Baru

Sudah 30 tim peserta Piala Dunia 2022 yang mengenalkan jersey baru untuk dibawa ke Qatar. Selain Kanada, Tunisia belum menkonfirmasi jersey baru untuk Piala Dunia akhir tahun ini.

Kanada sudah menggunakan desain jersey template pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Juni 2021 melawan Aruba. Alphonso Davies dkk kemungkinan juga tidak mendapatkan jersey baru di Piala Dunia 2022.

Pasalnya, hampir semua jersey Nike untuk tim peserta Piala Dunia 2022 sudah dipesan lebih dahulu dan bukan template. Ada kemungkinan, Kanada tidak memesan jersey baru jelang Piala Dunia 2022.

 

3 dari 5 halaman

Pemain Kanada Masih Berharap

Jelang Piala Dunia 2022, para pemain Timnas Kanada masih berharap mendapatkan jersey baru dari Nike. Keinginan tersebut salah satunya diungkapkan oleh bek Kanada, Sam Adekugbe.

"Saya hanya merasa setiap tim harus mendapatkan jersey baru untuk Piala Dunia karena ini adalah acara simbolis. Saya tidak membencinya, tetapi saya ingin mendapatkan kostum baru, hanya karena itu adalah sesuatu yang harus dihargai," sambungnya.

Sekretaris Jenderal sepak bola Kanada Earl Cochrane juga memberikan konfirmasi. "Seperti yang saya pahami, persyaratan untuk membuat perubahan itu adalah proses multi-tahun," katanya.

 

4 dari 5 halaman

Nike Beri Konfirmasi

Dalam sebuah pernyataan, Nike mengakui Kanada akan memakai jersey lama di Piala Dunia 2022. "Sepak bola Kanada berada pada siklus pengembangan jersey yang berbeda," ujar perwakilan Nike.

Salah satu alasan Timnas Kanada tidak mendapat jersey baru kemungkinan karena tidak banyak yang menyangka negara tersebut bisa lolos ke Qatar.  Ketika Canada Soccer dan Nike menandatangani kemitraan pada Desember 2018, Timnas Kanada menduduki peringkat ke-78 FIFA.

Peringkat Kanada hanya dua level di atas Curacao dan kedelapan di antara semua negara CONCACAF.

 

5 dari 5 halaman

Butuh 18 Bulan Bikin Jersey Baru

Nike menyebut merancang dan membuat jersey baru bisa memakan waktu sekitar 18 bulan. Khusus jersey untuk Piala Dunia 2022, maka proses pembuatan harus dimulai sekitar Maret 2021.

Pada saat itu, Kanada baru saja  akan memulai proses yang luar biasa selama setahun di babak pertama kualifikasi CONCACAF melawan tim kecil seperti Kepulauan Cayman. Sekali lagi, peluang Kanada mencapai Piala Dunia pada saat itu memang sangat berat dan panjang.

"Saya pikir itu hanya menunjukkan bahwa tidak ada yang benar-benar percaya pada kami," kata Adekugbe. "Saya tidak berpikir orang Kanada pun sulit percaya kami bisa lolos. Tetapi satu-satunya orang yang benar-benar percaya adalah (pelatih Kanada John Herdman), dan tim ini," sambungnya.

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer