Sukses


    20 Negara yang Penduduknya Paling Tergila-gila Sepak Bola, Indonesia Masuk atau Enggak Ya?

    Bola.com, Jakarta - Sepak bola adalah olahraga paling populer di seluruh dunia. Dalam daftar 10 besar olahraga paling populer di dunia, peringkat nomor satu adalah sepak bola dengan perkiraan 3,5 miliar penggemar.

    Jumlah itu tidak bisa ditandingi oleh penggemar kriket dan hoki yang masing-masing jumlah fansnya yakni 2,5 dan 2 miliar. Banyaknya jumlah penggemar sepak bola terlihat saat Piala Dunia berlangsung.

    Menurut statistik, 3,5 miliar orang menonton Piala Dunia edisi tahun 2018 melalui siaran televisi. Angka ini hanya bisa terlampaui oleh siaran langsung Olimpiade di beberapa edisi.

    Tapi tidak ada kompetisi olahraga tunggal lainnya yang mampu mengalahkan jumlah penonton Piala Dunia. Menurut hitungan FIFA tahun 2006, ada 265 juta pemain sepak bola di seluruh dunia, dan 270 juta jika memasukan pejabat dan wasit.

    Lalu negara mana saja yang mayoritas penduduknya paling menyukai sepak bola. Apakah Indonesia termasuk di dalamnya?

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Mengapa Sepak Bola Sangat Populer?

    Alasan sepak bola begitu populer di seluruh dunia adalah sesuatu yang telah membingungkan banyak orang sepanjang sejarah. Sepak bola dimainkan masyarakat dari semua kelas dan latar belakang sosial.

    Bahkan pria maupun wanita juga bisa memainkannya. Olahraga ini juga memiliki persyaratan fisik yang cukup rendah dibandingkan dengan olahraga lainnya.

    Misalnya, olahraga bola basket harus memiliki tinggi badan yang mumpuni untuk bersaing. Selain itu, sepak bola juga merupakan olahraga yang murah dan bisa dimainkan banyak orang.

     

    3 dari 5 halaman

    Sejarah Sepak Bola

    FIFA mengakui bahwa sepak bola pertama kali ditemukan 2000 tahun yang lalu di China kuno. Sepak bola saat itu bernama "Cuju," dan dimainkan dengan bola kulit yang belum sempurna dan berisi bulu.

    Sepak bola modern lahir di Inggris dengan sejumlah aturan yang mereka buat pada 1863. Dari aturan dalam sepak bola modern di Inggris ini kemudian tercipta turnamen yang paling tua yakni Piala FA.

    Bahkan saat Inggris menguasai seperempat dunia, orang-orang dari negeri itu membawa sepak bola dan aturannya ke setiap negara yang mereka kuasai. Sepak bola cepat menyebar dan berkembang di dunia.

     

    4 dari 5 halaman

    Negara yang Populer dengan Sepak Bola

    Anda akan mempelajari negara mana saja yang menjadikan sepak bola sebagai olahraga yang populer. Namun, olahraga ini gagal menjadi yang paling populer di Amerika Serikat karena yang dominan masih bola basket.

    Berikut negara yang yang paling tertarik dengan sepak bola. Angka statistik dan presentase ini berdasarkan dari survei Neilsen Sports.

    Apakah Indonesia termasuk di dalamnya? Langsung saja kita simak daftarnya.

     

    5 dari 5 halaman

    Negara yang Penduduknya Paling Tergila-gila Sepak Bola

    1. United Arab Emirates 80%
    2. Thailand 78%
    3. Chile 75%
    4. Portugal 75%
    5. Turki 75%
    6. Meksiko 73%
    7. Spanyol 70%
    8. Afrika Selatan 70%
    9. Italia 67%
    10. Polandia 67%
    11. Korea Selatan 67%
    12. Malaysia 65%
    13. Brasil 60%
    14. Jerman 60%
    15. Hungaria 54%
    16. Rusia 52%
    17. United Kingdom 51%
    18. Prancis 50%
    19. Republik Ceko 50%
    20. Singapura 49%

    Sumber: The Camplair 

    Video Populer

    Foto Populer