Sukses


    Wuidih, Goks Banget Harga 5 Trofi Bergengsi Ini : Lihat Yuk, Apakah Ada untuk Jawara Liga 1 ?

    Bola.com, Jakarta - Kata kunci 'trofi' menjadi bagian penting dari sebuah turnamen, lomba ataupun kompetisi. Yup, unsur benda tersebut menjadi barang yang paling diinginkan para partisipan.

    Oleh karena itu, wajar jika memenangkan pertandingan dan piala adalah tujuan utama dari pertandingan, termasuk sepak bola. Di semua kompetisi di bawah kolong langit ini, bisa dipastikan trofi atau piala adalah tujuan terakhir.

    Di pentas terakbar empat tahunan atau yang lebih kita kenal sebagai Piala Dunia, semua negara yang lolos ke putaran final sama-sama berambisi menjadi terbaik. Tujuannya jelas yakni mendapatkan piala.

    Ngomong-ngomong, kalian tahu nggak sih berapa nilai sebuah piala? Di bawah ini ada lima trofi termahal, yang belum tahu merapat!

     

    2 dari 6 halaman

    Serie A

    Trofi Serie A yang diberikan kepada pemenang kompetisi papan atas Italia pada akhir setiap musim berharga 55 ribu euro. Ini disebut "Coppa Campioni d'Italia" dan trofi telah digunakan sejak musim 1960/1961.

    Hingga tahun 2004, trofi tidak pernah diserahkan kepada tim pemenang di stadion. Sang jawara mendapatkan itu di kantor pusat klub pemenang.

    Tapi kini tradisi tersebut berubah. Pemenang Serie A diberi kesempatan mengarak trofi di sekitar lapangan. Meski Premier League merupakan liga terkaya di dunia, namun trofi Serie A merupakan trofi liga termahal di Eropa.

     

    3 dari 6 halaman

    Africa Cup of Nations (Piala Afrika)

    Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, pernah menjadi sasaran krtikan karena menyebut 'Piala Afrika' sebagai turnamen 'kecil'. Klopp menegaskan, kalau dia tak bermaksud meremehkan. Meski begitu, Klopp akhirnya minta maaf.

    Piala Afrika adalah satu di antara turnamen sepak bola kontinental paling bergengsi di dunia. Nilai sebenarnya dari trofi Piala Afrika merupakan cerminan betapa pentingnya sebuah gelar. Trofi Piala Afrika berharga 127 ribu euro dan lebih dari dua kali lebih mahal dari trofi Serie A.

     

    4 dari 6 halaman

    Ballon d'Or

    Ballon d'Or yang belum lama ini dimenangkan striker Real Madrid asal Prancis, Karim Benzema, dibanderol 508 ribu euro. Ballon d'Or diberikan majalah berita Prancis France Football untuk menghormati pemain dengan performa terbaik di dunia sepak bola selama setahun.

    Ballon d'Or cukup megah dan dikabarkan memiliki berat sekitar 12 kg. Benda ini memiliki dua pelat kuningan yang terlihat seperti bola.

     

    5 dari 6 halaman

    FA Cup

    Piala FA, yang merupakan kompetisi piala sistem gugur terbesar di Inggris, memiliki trofi termahal kedua di dunia sepak bola, yakni 1 juta euro atau lebih dari Rp15 miliar. Harga tersebut menjadi gengsi khusus bagi turnamen tertua di Britania Raya itu.

    Trofi yang sekarang adalah replika dari desain tahun 2014 yang terbuat dari 6,3 kilogram perak murni. Merek mewah Inggris, Thomas Lyte, membutuhkan 250 jam untuk membuat kerajinan perak yang megah ini.

    Arsenal adalah tim tersukses dalam sejarah Piala FA. Mereka telah mengoleksi trofi sebanyak 14 kali. Manchester United berada di urutan kedua dengan 12 Piala FA.

     

    6 dari 6 halaman

    Piala Dunia FIFA

    Inilah dia trofi termahal di dunia. Nilainya mencapai 17 juta euro. Luar biasa.

    Berat trofi mencapai angka 6,1 kilogram. Trofi paling bergengsi ini dilapisi emas 18 karat dan ada dua pita yang terbuat dari Malachite di dasar piala. Terlihat anggun dan megah, menampilkan dua sosok manusia yang memegang bola dunia sebagai simbol bumi.

    Ini adalah trofi yang paling dikenal dan bakal berstatus magnet utama di Qatar nanti, tepatnya di pentas Piala Dunia 2022. So, kita akan melihat apakah Prancis bisa mempertahankan gelar atau trofi berpindah ke tangan yang lain.

    Video Populer

    Foto Populer