Sukses


    Ghana Gelar Ritual Religius demi Kesuksesan di Piala Dunia 2022 Qatar

    Bola.com, Jakarta - Satu di antara negara dari Benua Afrika, Ghana, menggelar ritual unik jelang penampilan di Piala Dunia 2022 Qatar.

    Penyelenggaraan putaran final Piala Dunia 2022 tinggal menghitung hari. Piala Dunia 2022 akan berlangsung mulai 21 November hingga 18 Desember 2022.

    Ada 32 negara yang bakal berlaga di ajang Piala Dunia 2022. Satu di antara negara yang turut ambil bagian dalam ajang tersebut ialah Ghana.

    Setelah absen cukup lama di pentas dunia, Ghana kembali tampil pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Prestasi terbaik Ghana di Piala Dunia adalah mencapai perempat final pada edisi 2010.

    Ingin mencapai prestasi lebih baik, Pemerintah Ghana dan asosiasi sepak bola Ghana (GFA) melakukan segala persiapan menjelang Piala Dunia 2022.

    Ada yang unik dari persiapan negara berjuluk The Black Stars itu. Sebulan sebelum ajang Piala Dunia 2022, pemerintah Ghana menggelar doa dan puasa nasional selama dua hari bagi umat muslim. Sedangkan yang beragama Kristen melakukannya pada hari Minggu. 

    2 dari 2 halaman

    Peringkat FIFA Terendah

    Banyak orang menghadiri gereja pada malam hari, untuk doa bersama sepanjang malam. Kemudian iklan juga bertebaran di mana-mana di jalan untuk mengadakan pertemuan bagi umat Kristen.

    Perlu diketahui, 71 persen dari 32 juta penduduk Ghana beragama Kristen. Sementara itu, sebanyak 17 persen menganut agama Islam dan sebagian kecil memiliki keyakinan terhadap adat tradisional.

    Ritual berdoa dan berpuasa tersebut dilakukan tentunya agar Andrew Ayew dkk. bisa tampil apik di Piala Dunia 2022 Qatar. 

    "Ghana adalah negara Kristen dan pemerintah kami telah menyisihkan satu hari untuk berdoa dan berpuasa bagi tim nasional," kata Owusu Boakye Amando, penggemar Aston Villa dan Ghana, seperti dikutip BBC Sport, Kamis (27/10/2022).

    "Umat Islam dan Kristen akan berdoa untuk tim nasional. Ini penting agar kami bisa mendoakan mereka baik-baik saja ketika mereka pergi ke Qatar."

    Apakah ritual religius ini akan membawa Ghana sukses di Piala Dunia 2022? Jawabannya tentu masih harus menunggu hasil di Piala Dunia nanti.

    Namun, ritual religius ini tampak relevan dilakukan pemerintah Ghana. Pasalnya, Ghana bisa dibilang bukan termasuk tim unggulan dan favorit juara di Piala Dunia 2022.

    Dari 32 tim yang akan berlaga di Qatar, Ghana menjadi negara dengan peringkat FIFA terendah, yakni 61.

    Pada Piala Dunia 2022, Timnas Ghana akan berada di grup H bersama negara-negara tangguh seperti Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan.

    Secara khusus, melawan Uruguay merupakan misi balas dendam setelah Ghana tersingkir pada perempat final Piala Dunia 2010.

     

    Sumber: BBC

    Video Populer

    Foto Populer