Sukses


    Nostalgia Cafu, Pria 3 Final Piala Dunia

    Bola.com, Jakarta - Brasil akan mengusung misi membawa pulang trofi emas Piala Dunia ke negara mereka di Piala Dunia 2022. Brasil terakhir kali menjadi juara Piala Dunia di tahun 2002 saat masih dipimpin oleh kapten veteran legendaris mereka, Cafu.

    Saat itu Cafu dkk. berhasil membawa Brasil juara Piala Dunia di tanah Asia. Di partai puncak, Brasil mampu menaklukan Jerman dengan skor meyakinkan 2-0.

    Cafu yang berusia 31 tahun kembali berkesempatan untuk mengangkat trofi emas Piala Dunia di Korea selatan-Jepang. Sebelumnya, Cafu juga pernah menjuarai Piala Dunia bersama Brasil pada tahun 1994.

    Kala itu Cafu yang masih berusia 23 tahun berhasil membawa Brasil menang dramatis di Final saat bertemu Italia. Pengalaman Cafu di Piala Dunia 1994 itulah yang akhirnya membuat Brasil kembali sukses di Korea Selatan-Jepang.

    2 dari 5 halaman

    Kapten Andalan

    Saat itu Cafu ditunjuk oleh pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari sebagai kapten di Piala Dunia 2002. Scolari memilih Cafu bukan tanpa alasan, Cafu merupakan pemain paling senior yang ada dalam skuatnya.

    Kala itu Cafu berusia 31 tahun menjadi pemain paling tua sekaligus paling berpengalaman di skuat Brasil. Cafu yang memiliki pengalaman di dua Final Piala Dunia, dianggap mampu memimpin rekan setimnya yang didominasi para pemain muda.

    Kepercayaan pelatih terhadap Cafu mampu dibayar tuntas. Di bawah kepemimpinan Cafu sebagai seorang kapten, Brasil mampu keluar sebagai juara Piala Dunia 2002 setelah menang atas Jerman di partai puncak dengan skor 2-0.

    3 dari 5 halaman

    3 Final Piala Dunia

    Cafu tercatat sebagai salah satu pemain paling sukses sepanjang sejarah Piala Dunia. bagaimana tidak, bek kanan legendaris Brasil ini sanggup masuk tiga Final Piala Dunia secara beruntun bersama Brasil.

    Cafu diketahui mengikuti tiga Final Piala Dunia pada tahun 1994, 1998, dan 2002. Dari tiga Final yang diikuti Cafu, ia mampu membawa Brasil juara di dua edisi yakni Piala Dunia 1994 Amerika Serikat dan Piala Dunia 2002 Korea Selatan-Jepang.

    Di Piala Dunia 2002, Cafu punya keistimewaan ketika ditunjuk sebagai kapten timnas Brasil. Perjuangan Cafu memimpin rekan-rekannya dibayar dengan menjadi pemain pertama yang mengangkat trofi emas Piala Dunia 2002.

    4 dari 5 halaman

    4 Edisi Piala Dunia

    Militansi Cafu terhadap Piala Dunia tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya Cafu menjadi salah satu pemain yang berkiprah cukup banyak sepanjang sejarah Piala Dunia.

    Cafu tercatat mengikuti empat edisi Piala Dunia mulai dari 1994 hingga 2006. Dari empat edisi yang Cafu Ikuti, ia mampu memenangkan dua diantaranya yakni pada Piala Dunia 1994 dan Piala Dunia 2002.

    Jerman jadi tempat terakhir Cafu mengikuti Piala Dunia. Saat itu, Cafu kembali ditunjuk sebagai kapten setelah berhasil membawa Brasil menjadi juara di Piala Dunia 2002. Namun sayangnya, Cafu yang berusia 35 tahun tersebut hanya mampu membawa Brasil hingga Perempat Final Piala Dunia 2006.

     

    Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby/Serafin Unus Pasi)

    5 dari 5 halaman

    Saksikan Semarak Piala Dunia 2022 di Emtek Group

    SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Group yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia bakal memanjakan pecinta bola Tanah Air dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan yang pastinya seru nih.

    Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan Moji. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

    Tayanan Piala Dunia juga bisa disaksikan lewat saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio.

    Piala Dunia 2022 akan dimulai 21 November 2022. Rangkaian Piala Dunia 2022 di Emtek Group sudah dimulai sejak pengundian fase grup pada 1 April 2022 di Doha, Qatar.

    Video Populer

    Foto Populer