Sukses


    Prancis Tak Perlu Cemas Soal Raphael Varane, Jules Kounde Siap Gantikan Perannya di Piala Dunia 2022

    Bola.com, Jakarta - Timnas Prancis masih menanti kabar terbaru mengenai cedera yang dialami oleh bek Manchester United (MU), Raphael Varane. Namun, Les Bleus sebenarnya tak perlu khawatir karena sudah ada beberapa pengganti yang sepadan, di mana satu di antaranya adalah Jules Kounde yang bermain di Barcelona dan siap tampil di Piala Dunia 2022.

    Raphael Varane mengalami cedera hamstring ketika melawan Chelsea dalam lanjutan Premier League musim 2022/2023. Mantan bek Real Madrid itu berjuang dengan waktu untuk bisa memperkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022.

    Kondisi ini membuka peluang untuk pemain lain mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Raphael Varane sebagai stoper di skuad Les Bleus. Melihat kans itu, bek Barcelona, Jules Kounde, pun menyatakan kesiapannya untuk tampil sebagai pilihan utama di Piala Dunia 2022.

    "Saya merasa sangat nyaman dalam grup ini dan berharap bisa menjadi bagian di dalamnya selama beberapa tahun ke depan," ujar Jules Kounde dalam situs FIFA.

     

    2 dari 5 halaman

    Pujian dari Xavi

    Xavi Hernandez adalah pelatih yang mampu melihat potensi besar Jules Kounde sebagai pemain bertahan. Tiga musim fantastis bersama Sevilla menjadi bukti yang cukup bagi Xavi untuk memboyongnya ke Barcelona musim ini.

    Xavi memberikan pujian tinggi atas kontribusinya bagi Barcelona musim ini. Xavi memaparkan beberapa kelebihan Jules Kounde yang sangat mengangkat permainan Blaugrana musim ini.

    “Dia (Kounde) kuat dalam duel satu lawan satu, mampu mengarahkan rekan satu timnya dengan sangat baik dan sangat cepat dalam lini pertahanan yang tinggi,” ucap Xavi dalam wawancara baru-baru ini dikutip dari FIFA.

     

    3 dari 5 halaman

    Bersaing untuk Tempat Utama di Timnas Prancis

    Absennya Raphael Varane tentu akan menjadi berkah tersendiri bagi Jules Kounde untuk merebut posisi utama bek Prancis di Piala Dunia 2022. Namun kesempatan itu tentu saja tak hanya terbuka untuk Kounde seorang.

    Pasalnya Prancis masih memiliki beberapa bek tangguh yang bermain bagi tim-tim top Eropa. Bahkan beberapa di antaranya sedang dalam performa terbaiknya musim ini.

    Saingan terberat Jules Kounde adalah bek tengah Arsenal, William Saliba. Musim ini Saliba bermain reguler di lini pertahanan Arsenal bersama Gabriel Magalhaes. Berkat kontribusinya, Arsenal masih kukuh di puncak klasemen sementara Premier League.

    Menanggapi hal tersebut, Kounde tetap percaya diri bahwa dirinya akan menjadi nama utama pengganti Varane seandainya tak ikut ke Piala Dunia 2022. Kounde beralasan bahwa dirinya lebih memiliki pengalaman di timnas Prancis dibandingkan Saliba.

    “Saya mendapat telepon lebih dari setahun yang lalu, jadi saya sudah menjadi pemain tetap. Saya sudah bisa beradaptasi dan mengambil gaya permainan tim,” tambah Kounde dikutip dari FIFA.

     

    4 dari 5 halaman

    Siap Mengisi Posisi Apa pun

    Jules Kounde mencoba membuktikan keseriusannya untuk mengambil bagian lebih bagi Prancis di Piala Dunia 2022. Jules Kounde bahkan rela bermain di luar posisi utamanya, asalkan bisa tampil sebagai starter.

    Wajar saja Kounde menawarkan diri untuk memainkan posisi di luar bek tengah. Pasalnya Kounde memang bisa beroperasi sebagai bek kanan seandainya dibutuhkan oleh pelatih.

    Kounde bahkan bermain sebagai bek kanan di tiga dari tujuh laga yang dimainkannya di La Liga musim ini.

    "Satu-satunya hal penting saat ini adalah apa yang terbaik bgi Prancis. Saya ingin menjadi starter dan jika pelatih berpikir bahwa tim akan lebih baik jika saya bermain sebagai bek kanan, saya dengan senang hati menerimanya. Itu bukan masalah," jelas Kounde.

    Sumber: FIFA dan Transfermarkt

    Disadur dari: Bola.com (Ahmad Daerobby/Serafin Unus Pasi 7/11/2022)

    5 dari 5 halaman

    Prancis di Piala Dunia 2022

    Timnas Prancis tergabung di Grup D Piala Dunia 2022. Prancis akan berhadapan dengan Australia, Denmark, dan Tunisia. Australia akan jadi lawan pertama Les Bleus di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, pada 22 November 2022.

    Setelah itu, Prancis akan menghadapi Denmark di Stadion 974, Doha, pada 26 November 2022. Kemudian Tunisia akan menjadi lawan terakhir Prancis di fase grup yang digelar di Educational City Stadium pada 30 November 2022.

    Video Populer

    Foto Populer