Sukses


    Gokil atau Stres Nih, Wasit Piala Dunia 2022 Keluarkan 10 Kartu Merah

    Bola.com, Jakarta - Duel final Piala Argentina yang mempertemukan Boca Juniors versus Racing Club di Estadio La Pedrera, Senin (7/11), diwarnai keputusan wasit yang benar-benar gokil. Bagaimana tidak, wasit yang memimpin pertandingan setidaknya mengeluarkan hampir selusin kartu merah.

    Oh Tuhan, apa yang terjadi? Duel berlangsung sengit dan panas. Pada babak pertama saja, sedikitnya tiga kartu kuning keluar dari saku sang pengadil.

    Sebelum turun minum, kedua raksasa bermain sama kuat 1-1. Boca unggul lebih dulu pada menit ke-19 via Norberto Briasco. Hanya berselang tiga menit, Racing segera meresponsnya.

     

    2 dari 4 halaman

    Proses Awal

    Matias Rojas menyamakan skor pada menit ke-22 yang membuat bentrokan kian mencekam. Pada babak kedua, pertandingan bertambah horor. Kedua tim saling tebas.

    Walhasil, lima kartu kuning kembali dikeluarkan. Hingga babak normal usai, skor 1-1 tetap bertahan. Sebelum memasuki babak perpanjangan waktu, dua pemain dari kedua tim diusir keluar lapangan.

    Sumber keributan bermula dari protes pemain Boca yang menuntut wasit agar Reading dihukum tendangan penalti, menyusul handball di kotak terlarang. Wasit bergeming.

     

    3 dari 4 halaman

    Lanjut Kejutan

    Memasuki menit ke-100, pemain Boca, Alan Varela, diberi kartu merah. Unggul jumlah pemain, Reading di atan angin. Hasilnya, pada menit ke-118 Carlos Jonas Alcaraz membawa Reading unggul 2-1.

    Tak lama setelah selebrasi Alcaraz yang dianggap berlebihan yang kemudian menyulut emosi para penggawa Boca, wasit Facundo Tello yang menjadi pengadil mengeluarkan delapan kartu merah tambahan. Total, sudah 10 kartu merah dia keluarkan.

    Artinya, ada tujuh untuk Boca dan tiga untuk Reading. Hingga pertandingan usai, Boca yang diarsiteki Hugo Ibarra tak mampu mengejar ketinggalan dan akhirnya kalah 1-2 dari Reading.

     

    4 dari 4 halaman

    Siapa Facundo Tello?

    Tello, 40 tahun, terdaftar sebagai wasit internasional FIFA sejak 2019 dan telah memimpin divisi teratas Argentina sejak 2013. Dia masuk daftar wasit yang akan bertugas di Piala Dunia 2022 Qatar.

    Dia di antara enam wasit Amerika Selatan yang mendapat kepercayaan di pesta bola terakbar empat tahunan. Tello telah mengeluarkan 612 kartu kuning dan 45 kartu merah selama 118 pertandingannya di Divisi Primera Argentina.

    Pada bulan September 2022, Tello mengeluarkan tiga pemain dan enam kartu kuning lagi selama pertandingan antara Racing dan Club Atletico Platense. Kalau melihat rekam jejaknya, bisa jadi Tello bakal jadi pengadil yang sangat ditakuti nih di Piala Dunia 2022.

    Video Populer

    Foto Populer