Sukses


    Tetap Setia, Evan Dimas Dukung Spanyol di Piala Dunia 2022

    Bola.com, Malang - Gelandang Arema FC, Evan Dimas Darmono, menantikan kehadiran Piala Dunia 2022 yang bakal dimulai pada Minggu (20/11/2022). Bahkan pemain yang kerap menjadi andalan Timnas Indonesia ini mengaku masih setia mendukung Timnas Spanyol.

    Evan Dimas memang sudah cukup lama menggemari cara bermain Timnas Spanyol. Apalagi dia sempat mengidolakan mantan gelandang Timnas Spanyol dan Barcelona, Andres Iniesta.

    "Sempat ada di sana, jadi pendukung Spanyol," kata Evan Dimas.

    Pemain yang akrab dengan nomor punggung 6 ini memang beberapa kali menimba ilmu di Spanyol. Pertama pada 2012, Evan Dimas menjadi perwakilan sebuah brand untuk berkunjung ke kompleks akademi milik Barcelona, La Masia.

    Setelah itu pada 2014 bersama Timnas Indonesia U-19, Evan Dimas menjaani pemusatan latihan di sana. Terakhir, pada 2016, Evan Dimas juga menjalani trial di UE Llagostera dan RCD Espanyol.

    2 dari 5 halaman

    Optimistis Spanyol Melaju Jauh

    Pada Piala Dunia 2022 ini, Evan Dimas yakin Timnas Spanyol bisa melangkah lebih jauh dari edisi sebelumnya. Ketika berlaga di Piala Dunia 2018, Spanyol berakhir di 16 besar.

    "Saya optimistis Spanyol bisa bersaing di Piala Dunia sekarang. Lebih bagus daripada sebelumnya," ujar Evan Dimas.

    Sebenarnya, di Piala Dunia 2022, Spanyol melakukan regenerasi. Para pemain belia dibawa oleh Luis Enrique. Beberapa pemain yang usianya di bawah 21 tahun, seperti Pedri, Gavi, Ansu Fati, hingga Nico Williams.

     

    3 dari 5 halaman

    Pemain Belia

    Namun, Evan Dimas melihat banyaknya pemain muda tidak akan melemahkan Spanyol. Secara mental, semua pemain yang dibawa ke Piala Dunia sudah sangat siap.

    "Meski banyak pemain muda, mereka main di kasta tertinggi. Apalagi membela klub besar juga. Jadi mental mereka sudah siap," ujar Evan.

    Dalam Piala Dunia kali ini, Spanyol berada di grup yang sulit. Meski jadi unggulan, mereka berada di Grup E bersama Kosta Rika, Jerman, dan Jepang.

    Bisa dibilang ini grup neraka, karena Jerman selama ini dianggap sebagai tim kuat. Begitu pun Jepang yang dikenal sebagai raksasa Asia.

    4 dari 5 halaman

    Tidak Terpaku Tiki-Taka

    Timnas Spanyol sempat dikenal dengan gaya permainan tiki-taka, permainan bola pendek dari kaki ke kaki. Evan Dimas juga senang dengan karakter itu. Namun, di Piala Dunia nanti, bisa jadi Spanyol tidak terpaku dengan permainan tersebut.

    "Kalau gaya bermain seperti apa, ya tergantung pelatih dan materi pemainnya. Kalau tidak bisa tiki-taka ya enggak bisa dipaksakan," katanya.

    Saat ini, Spanyol tidak punya pemain seperti Xavi Hernandez dan Andres Iniesta yang kerap memainkan tiki-taka. Sementara gantinya, Pedri maupun Gavi memiliki karakter lebih sering membawa bola.

     

    5 dari 5 halaman

    Persaingan di Grup E Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer