Sukses


    Van Dijk Ngotot Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala Dunia 2022, Van Gaal Beri Peringatan: Jangan Coba-coba Ya

    Bola.com, Doha - Kapten Timnas Belanda, Virgil van Dijk, disebut tetap akan menggunakan ban kapten pelangi meskipun tidak sesuai dengan aturan dari FIFA. Pelatih Louis van Gaal meminta, masalah tersebut tidak menganggu fokus De Oranje pada Piala Dunia 2022.

    Virgil van Dijk akan menggunakan dua ban di lengan pada laga Piala Dunia 2022. Pertama adalah ban kapten edisi resmi sesuai kampanye dari FIFA, kedua adalah ban kapten "OneLove" yang menampilkan warna pelangi untuk mendukung komunitas LGBTQ dan anti-diskriminasi dalam sikap melawan hukum Qatar.

    "Saya tidak akan lagi berbicara tentang masalah politik. Saya fokus pada pertandingan yang akan datang dan menghentikan semua masalah ini setelah kami mengundang para pekerja migran untuk menonton sesi latihan," kata Louis van Gaal seperti dikutip The Guardian.

    FIFA sebelumnya sudah memberikan peringatan terkait rencana penggunaan ban kapten pelangi. Kampanye "OneLove" tak masuk agenda dari FIFA di Piala Dunia 2022.

    2 dari 5 halaman

    Beri Peringatan

    Louis van Gaal memperingatkan para pemain Timnas Belanda untuk fokus sepenuhnya pada masalah sepak bola selama Piala Dunia 2022. Van Gaal tak ingin ada masalah lain mengganggu fokus mereka selama di Qatar.

    "Saya telah meminta semua pemain untuk berhenti melakukan itu. Saya ingin mereka fokus pada sepak bola dan pertandingan melawan Senegal," tegas Van Gaal.

    Timnas Belanda akan menghadapi Senegal di Al Thumama Stadium, Senin (21/11/2022). Laga perdana Grup A itu sangat krusial buat kedua tim.

    3 dari 5 halaman

    Tak Masuk Kampanye

    Presiden FIFA, Gianni Infantino, memperingatkan tim peserta untuk menggunakan ban kapten sesuai dengan tema kampanye sosial di Piala Dunia 2022. Bila tetap menggunakan ban kapten di luar tema, maka sanksi FIFA akan menanti.

    FIFA mengumumkan sembilan tema kampanye yang akan tercantum di ban kapten tim peserta di Piala Dunia 2022. Tema-tema itu tersebar dari berbagai babak penyisihan hingga final.

    Dalam daftar kampanye FIFA yang dirancang dengan tiga badan PBB yakni UNESCO, WFP, dan WHO, tak ada kampanye OneLove soal LGBTQ. Gianni Infantino menegaskan, agar tidak ada tim yang tetap nekat menggunakan ban kapten pelangi di Piala Dunia 2022.

    "Kami memiliki peraturan yang jelas tentang ban lengan. Kami memiliki dan terlibat dalam kampanye dengan berbagai topik, kampanye yang bersifat universal. Kami perlu menemukan topik yang dapat dipatuhi semua orang dan ini adalah elemen penting buat kami," kata Gianni Infantino.

    4 dari 5 halaman

    Kampanye FIFA di Piala Dunia 2022

    • Pertandingan pertama babak penyisihan: #FootballUnitesTheWorld
    • Pertandingan kedua babak penyisihan: #SaveThePlanet
    • Pertandingan ketiga babak penyisihan: #ProtectChildren #ShareTheMeal
    • Babak 16 besar: #EducationForAll #FootballForSchoolsBabak perempat final: #NoDiscrimination
    • Babak Semifinal: #BeActive #BringTheMoves
    • Perebutan tempat ketiga dan final: Football Is Joy, Passion, Hope, Love and Peace – #FootballUnitesTheWorld
    5 dari 5 halaman

    Piala Dunia 2022 Eksklusif di EMTEK

    <p>Piala Dunia 2022 - Stempel Liputan Langsung Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer