Sukses


Cemerlang! Halau Penalti Kanada di Piala Dunia 2022, Thibaut Courtois Sudah Menggagalkan 5 Eksekusi Titik Putih

Bola.com, Jakarta - Kemenangan 1-0 yang diraih Belgia atas Kanada laga pertama di Grup F Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) dini hari WIB tak hanya memperlihatkan kecemerlangan Michy Batshuayi sebagai pencetak gol, tapi juga kepiawaian sang kiper, Thibaut Courtois, saat melakukan penyelamatan.

Belgia menghadapi Kanada di Ahmed bin Ali Stadium pada laga pembuka Grup F Piala Dunia 2022. Michy Batshuayi menjadi pahlawan Belgia dengan gol yang dicetaknya pada menit ke-44.

Kemenangan tersebut membuat Belgia untuk saat ini berada di puncak klasemen Grup F Piala Dunia 2022 dengan torehan tiga poin, unggul dua poin dari Maroko dan Kroasia yang bermain imbang tanpa gol.

Namun, bukan Michy Batshuayi seorang yang perlu mendapatkan kredit untuk gol yang dicetaknya di Piala Dunia 2022 ini. Kiper Belgia, Thibaut Courtois, yang juga berhasil mengagalkan penalti Kanada yang dieksekusi Alphonso Davies pada menit ke-11, patut mendapatkan kredit khusus.

2 dari 7 halaman

Courtois Tepis Penalti

 

Kanada sejatinya memiliki peluang untuk mencetak gol dari titik putih pada babak pertama. Kanada mendapatkan penalti akibat handball Yannick Carrasco di area terlarang.

Alphonso Davies yang maju sebagai eksekutor gagal melakukan tugasnya. Tendangan Davies yang mengarah ke sisi kiri gawang Belgia mampu diselamatkan dengan baik oleh Thibaut Courtois.

Menariknya, ini bukan kali pertama Courtois menepis penalti pada tahun ini. Menurut Marca, Thibaut Courtois suah melakukan lima penyelamatan dari total 9 penalti yang digagalkan dengan baik oleh Courtois.

Selain itu, Courtois juga tercatat melakukan tiga penyelamatan. Berkat penampilan cemerlangnya, Belgia tidak kebobolan dan berhasil mengamankan tiga poin yang penting dalam laga pertamanya di Piala Dunia 2022.

 

3 dari 7 halaman

Statistik Thibaut Courtois

Berikut statistik pilihan Thibaut Courtois yang dinukil dari Fotmob:

Menit bermain: 90

Penyelamatan: 3

Penalti terselamatkan: 1x

GOT: 1,29

Akurasi umpan: 38/48 (79%)

 

4 dari 7 halaman

Pujian untuk Courtois

Penampilan impresif Courtois tak luput dari perhatian legenda Belgia Vincent Kompany. Mantan kapten Man City itu pun memberikan pujian setinggi langit kepada sang kiper.

“Dia sangat penting untuk tim Belgia ini,” kata Kompany tentang Courtois kepada BBC.

“Dia memiliki latar belakang bola voli yang berarti untuk ukuran tubuhnya dia bisa mendekati tanah dengan sangat cepat, dan dia tenang."

“Saya pikir hal terbesar yang dapat Anda harapkan dari kiper Anda adalah seseorang yang tenang, mengambil bola dan melepaskan tekanan. Dia merasakan momentum permainan dengan sangat baik dan merupakan pemain penting bagi kami," lanjutnya.

5 dari 7 halaman

Jadwal Belgia di Piala Dunia 2022

Kamis, 24 November 2022

02:00 WIB: Belgia vs Kanada - SCTV, Vidio, Moji, NEX Parabola

Minggu, 27 November 2022

20.00 WIB: Belgia vs Maroko - SCTV, Vidio, Moji, NEX Parabola

Kamis, 1 Desember 2022

22.00 WIB: Kroasia vs Belgia - SCTV, Vidio, Moji, NEX Parabola

 

Sumber: Marca, BBC

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 24/11/2022)

6 dari 7 halaman

Eksklusif Piala Dunia 2022

<p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

 

7 dari 7 halaman

Persaingan di Grup F Piala Dunia 2022

Mengintip Markas Latihan Mbappe, dkk di Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer