Sukses


Laporan dari Qatar: Ketika Fans Korea Selatan Sebut Nama Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Laporan Langsung Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar. 

Karena sama-sama negara Asia seperti tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar, jumlah fans Timnas Korea Selatan yang hadir pada pertandingan kontra Uruguay di Education City Stadium hari Kamis (24/11/2022) terlihat lebih banyak.

Pantauan kami, begitu banyak fans Timnas Korea Selatan yang datang ke stadion menggunakan atribut menarik. Di antaranya Kwang Sun.

Dia mengecat setengah mukanya dengan tema Red Devils atau setan merah yang merupakan julukan fans Timnas Korea Selatan.

Kami sempat terlibat obrolan dan Kwang Sun bertanya dari mana kami berasal. Nah ketika tahu Indonesia, ia langsung menyebut nama pelatih Skuad Garuda, Shin Tae-yong.

"Oh Indonesia, Shin Tae-yong di sana sebagai pelatih tim nasional kalian. Saya yakin ia bisa sukses di sana," kata Kwang Sun.

2 dari 5 halaman

Harum Namanya

Kwang Sun turut menceritakan sampai dengan saat ini, nama Shin Tae-yong masih harum di negaranya.

"Tentu saja, Shin Tae-yong pelatih hebat. Dia pernah membawa Timnas Korea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 lalu," kata Kwang Sun.

"Pencapaian itu akan kami selalu ingat. Meski kami tidak lolos dari fase grup kala itu," lanjutnya.

Sama seperti di Korea Selatan, di Indonesia pun nama STY sedang naik daun. Ia dianggap sukses menaikkan level permainan Timnas Indonesia.

Walau belum menyumbang gelar juara, tapi pelatih satu ini sukses menyajikan kebanggaan dengan meloloskan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 serta Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023. Seiring pencapaian positif ini sang mentor ditawari perpanjangan kontrak oleh PSSI.

3 dari 5 halaman

Tidak Tahu Asnawi Mangkualam

Meskipun begitu, Kwang Sun mengaku tidak mengenal sosok pemain Timnas Indonesia yang bermain di Liga Korea Selatan, Asnawi Mangkualam.

"Serius ada pemain Indonesia main di liga kami?" ujar Kwang Sun.

Kami pun memberi tahu bahwa Asnawi Mangkualam bermain untuk Ansan Greeners yang mentas di kompetisi kasta kedua Liga Korea Selatan. Ia kemudian berujar: "Semoga lebih banyak pemain Indonesia yang bermain di sini," harap Kwang Sun.

Asnawi Mangkualam saat ini berstatus kapten Timnas Indonesia di era kepemimpinan Shin Tae-yong. Pemain didikan PSM Makassar tersebut bisa bertualang ke Korea Selatan atas bantuan sang nakhoda.

4 dari 5 halaman

Janji Tak Mengecewakan STY

Sang bek sayap akan selalu mengingat jasa besar  Shin Tae-yong. Menurutnya ia tak akan bisa bergabung dengan Ansan Greeners dengan mudah apabila tak ada bantuan dari Shin Tae-yong. Justru pemain asal Makassar itu ingin tampil lebih baik lagi ke depannya agar tak mengecewakan kepercayaan STY.

Untuk itu ia ingin memberikan yang terbaik selama berkarier di Liga Korea maupun saat tampil di Timnas Indonesia.

"Berkat beliau juga saya termotivasi harus bermain maksimal, dia pelatih timnas saya harus maksimal dan baik sehingga saya bisa terpantau coach Shin," ujar Asnawi Mangkualam sebagaimana dilansir kanal YouTube K League.

"Beliau mendidik saya untuk selalu berjuang jadi yang terbaik. Jangan mudah menyerah," timpalnya lagi.

 

5 dari 5 halaman

Liputan Langsung dari Qatar

<p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

 

Mengintip Markas Latihan Mbappe, dkk di Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer