Sukses


    Analisis Kemenangan Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022: Tutorial Cakep Tim Asia Melawan Raksasa Eropa

    Bola.com, Bandung - Kemenangan Jepang atas Jerman 2-1 di Grup E Piala Dunia 2022 Qatar cukup mengagetkan.

    Maklum, Jerman menjadi satu di antara tim yang diunggulan di setiap Piala Dunia, tak terkecuali Piala Dunia tahun ini.

    Bertanding di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022), timnas Jepang tertinggal lebih dulu melalui gol penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33.

    Namun, pada babak kedua, tim asuhan Hajime Moriyasu ini berhasil melakukan comeback dramatis dengan mencetak dua gol ke gawang Jerman. Gol tersebut dicetak Ristu Doan menit 75 dan Takuma Asano menit 83.

    2 dari 7 halaman

    Ambisi dan Kerja Keras

    Legenda Persib Bandung, Asep Sumantri tidak menampik bahwa Timnas Jerman banyak diprediksi yang akan menang atas Jepang. Maka itu, kemenangan Jepang sangatlah tidak terduga.

    "Kemenangan Timnas Jepang menurut saya karena bermain kolektifitas, tanpa beban, dan komunikasi antar lini bagus. Itu yang saya lihat keunggulan dari Jepang saat mengalahkan Jerman," jelas Asep Sumantri saat dihubungi Bola.com, Jumat (25/11/2022).

    Namun, yang lebih utama lagi lanjut Asep Sumantri, tim berjulukan Samurai Biru itu sepanjang pertandingan lawan Jerman terlihat sangat berambisi mengalahkan tim calon juara, Jerman.

    3 dari 7 halaman

    Menyepelekan, Eh Mati Kutu

    Beberapa keunggulan Jepang membuat Jerman yang bergaya textbook mati kutu.

    "Motivasi Jepang terlihat sangat tinggi walaupun dalam keadaan tertinggal skor. Saya salut dengan permainan Jepang yang bermain satu dua sentuhan, tusukan-tusukannya cepat, tidak mengandakan crossing, dan bermain sabar," cetus Asep Sumantri.

    Sementara itu, Jerman terlihat seperti menyepelekan dan terlalu menganggap remeh Jepang, apalagi setelah keadaan unggul.

    "Sebenarnya secara permainan Jerman juga sudah bagus, bahkan seimbang dengan Jepang, hanya saja ada lini-lini yang kosong dan bisa dimanfaatkan Jepang yang memiliki motivasi tinggi," jelas Asep.

    4 dari 7 halaman

    Frustrasi

    Bahkan eks pemain yang pernah membawa juara Persib ini menyebutkan. Jepang bukan tidak mungkin akan menjadi tim unggulan di Piala Dunia tahun ini jika bermain konsisten seperti saat mengalahkan Jerman.

    "Jerman pun terlihat frustrasi setelah gagal menambah gol sehingga lengah. Dan kelengahan itu bisa dimanfaatkan Jepang dengan baik. Apalagi secara kolektifitas Jepang menang dan berani dibandingkan Jerman," tambah Ujeb sapaan akrab Asep Sumantri.

    Kemenangan atas Jerman membuat Jepang saat ini berada di urutan kedua klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan mengoleksi tiga poin, hanya kalah selisih gol dari Spanyol di puncak.

    5 dari 7 halaman

    Laga Selanjutnya

    Pada laga selanjutnya, Jepang akan menghadapi Kosta Rika, Minggu (27/11/2022). Laga ini menjadi penentu peluang Jepang untuk melaju ke babak selanjutnya.

    6 dari 7 halaman

    Posisi Jepang Saat Ini

    7 dari 7 halaman

    Liputan Khusus KLY di Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer