Sukses


Hasil Piala Dunia 2022: Ngamuk di Injury Time, Iran Tumbangkan 10 Pemain Wales

Bola.com, Al Rayyan - Timnas Iran berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Iran dalam laga kedua Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Jumat (25/11/2022) sore WIB. Dua gol Iran tercipta pada masa injury time, di mana mereka unggul jumlah pemain.

Kedua tim sama-sama mencari kemenangan pada laga ini setelah hasil kurang maksimal yang mereka raih pada laga pertama.

Timnas Iran kalah 2-6 dari Timnas Inggris pada laga pertama mereka di Piala Dunia 2022. Sementara di sisi lain, Timnas Wales hanya bisa bermain imbang 1-1 saat menghadapi Timnas Amerika Serikat.

Laga baru berjalan tujuh menit, Sardar Azmoun mencoba mengancam. Namun, tendangan yang ia lepaskan dari luar kotak penalti masih terlalu mudah diantisipasi oleh Wayne Hennessey.

Striker Timnas Wales, Kieffer Moore sempat mengalami cedera. Namun, setelah mendapatkan perawatan, Moore bisa melanjutkan laga.

2 dari 9 halaman

Offside Iran

Memasuki menit ke-16, Timnas Iran sebenarnya bisa mencetak gol lebih dulu. Ali Gholizadeh ada di posisi yang tepat untuk melakukan tap in.

Sayangnya gol itu harus dianulis. Wasit Mario Escobar menilai Gholizadeh sudah berada dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

Penyerang andalan Iran, Sardar Azmoun sempat terjatuh dan mendapatkan perawatan pada menit ke-27. Beruntung, pemain bernomor 20 itu tidak mengalami cedera serius.

3 dari 9 halaman

Peluang Wales

Timnas Wales kesulitan mendapatkan peluang berbahaya di sepanjang babak pertama. Sepakan jarak jauh Gareth Bale pada menit ke-29 masih bisa ditangkap dengan baik oleh Hossein Hosseini.

Peluang yang mirip dimiliki Harry Wilson pada menit ke-42. Kali ini, sepakan Harry Wilson masih bisa diblok pemain belakang Iran.

Laga babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol. Kedua tim masuk ke ruang ganti dengan menyimpan pekerjaan berat pada babak kedua.

4 dari 9 halaman

Babak Kedua

Iran memulai babak kedua dengan semangat membara. Pada menit ke-52, dua kali upaya Iran membentur tiang gawang Wales.

Upaya pertama dilakukan lewat tendangan Sardar Azmoun dari dalam kotak penalti yang membentur tiang sebelah kiri gawang Wayne Hennessey. Tak lama kemudian, tembakan Ali Gholizadeh membentur tiang sebelah kanan gawang Hennessey.

Memasuki menit ke-58, Sardar Azmoun kembali terlihat mengeluh sakit pada kakinya. Namun, lagi-lagi Azmoun masih bisa melanjutkan pertandingan.

5 dari 9 halaman

Akhirnya Diganti

Sardar Azmoun pada akhirnya tak bisa menyelesaikan laga ini. Pada menit ke-68, penyerang Bayer Leverkusen itu ditarik keluar dan digantikan Karim Ansarifard.

Wayne Hennessey melakukan penyelamatan hebat pada menit ke-72. Jarinya menyentuh bola tembakan terukur Saeid Ezatolahi. Bola pun menjauh dari gawang Wales dan menghasilkan sepakan penjuru untuk Iran.

Pelatih Iran, Carlos Queiroz menginginkan adanya tambahan kekuatan di lini depan. Pelatih asal Portugal itu memasukkan penyerang tajam Alirez Jahanbakhs pada menit ke-77.

Wales tak mau kalah, Ben Davies melepaskan tembakan keras dari tepi kotak penalti Iran pada menit ke-83. Sayangnya, Hossein Hosseini masih sigap menepis bola keluar lapangan.

6 dari 9 halaman

Kartu Merah Hennessey, Iran Cetak Gol

Wales mendapatkan ujian besar. Mereka harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-86. Wayne Hennessey mendapatkan kartu merah langsung dari wasit setelah melepaskan tendangan ke arah wajah Mehdi Taremi.

Wasit sebenarnya hanya memberikan kartu kuning pada Hennessey. Namun, ketika melihat tayangan di VAR, wasit mengubah warna kartunya menjadi merah.

Iran mencoba memanfaatkan situasi keunggulan jumlah pemain. Tim Meli terus menekan pertahanan Wales di sisa babak kedua. Gol yang ditunggu Iran hadir pada menit kedelapan injury time babak kedua.

Roozbeh Cheshmi memecah kebuntuan bagi Iran. Tendangan jarak jauhnya gagal dijangkau Wayne Hennessey. Gol itu disambut dengan meriah oleh para pemain cadangan Iran. 

Beberapa saat jelang babak kedua berakhir, Timnas Iran menambah satu gol lagi. Serangan balik cepat mereka berhasil diselesaikan oleh Ramin Rezaeian. 

Kemenangan ini membuat Iran mengoleksi tiga poin. Peluang mereka lolos ke babak 16 besar masih sangat terbuka. Sementara itu, Wales yang baru mengoleksi satu poin agak sulit untuk lolos ke fase gugur. 

7 dari 9 halaman

Daftar Susunan Pemain

Timnas Wales (3-4-3): Wayne Hennessey (Kiper), Ben Davies, Chris Mepham, Joe Rodon (Belakang), Connor Roberts, Ethan Ampadu, Aaron Ramsey Neco Williams (Tengah), Gareth Bale, Kieffer Moore, Harry Wilson (Depan).

Pelatih: Robert Page

Timnas Iran (4-1-3-2): Hossein Hosseini (Kiper), Ramin Rezaeian, Majid Hossaini, Moreteza Pouraliganji, Milad Mohammadi (Belakang), Saeid Ezatolahi, Ahmad Noorollahi, Ehsan Hajisafi, Ali Gholizadoh (Tengah), Mehdi Taremi, Sardar Azmoun (Depan).

Pelatih: Carlos Queiroz

8 dari 9 halaman

Posisi Wales dan Iran di Grup B Piala Dunia 2022

9 dari 9 halaman

Liputan Khusus KLY di Piala Dunia 2022

<p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

 

Mencoba Transportasi Doha Metro

Video Populer

Foto Populer