Sukses


    Hasil Piala Dunia 2022: Belanda dan Ekuador Berbagi Poin, Qatar Jadi Tim Pertama yang Tersingkir

    Bola.com, Al Rayyan - Timnas Belanda dipaksa berbagi poin dengan Ekuador setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 di Khalifa International, Qatar, Jumat (25/11/2022). Hasil ini membuat tiga tim di Grup A masih punya peluang menuju 16 besar Piala Dunia 2022.

    Belanda berhasil membuka keunggulan lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Cody Gakpo saat laga baru berjalan enam menit.

    Ini menjadi gol kedua Gakpo di Piala Dunia 2022 setelah pada laga pertama melawan Senegal, pemain berusia 23 tahun ini juga mencetak gol pertama Tim Oranye.

    Namun, Ekuador berusaha membalas dan berhasil melakukannya pada babak kedua. Tepatnya pada menit ke-49, sang kapten, Enner Valencia berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan.

    Hingga pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan yang membuat kedua tim harus puas dengan tambahan satu poin dan berada di dua posisi teratas dengan sama-sama mengumpulkan empat poin.

    Berikut jalannya pertandingan antara Belanda kontra Ekuador di matchday kedua Grup A Piala Dunia 2022:

    2 dari 6 halaman

    Belanda Unggul Cepat

    Belanda langsung tampil menekan sejak peluit tanda pertandingan dimulai. Tim asuhan Louis van Gaal itu berusaha bermain menekan untuk bisa mendapatkan angka lebih dulu demi mengamankan kemenangan.

    Berbeda dengan ketika mengalahkan Senegal di pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2022, di mana Belanda butuh waktu hingga menit ke-84 untuk bisa mencetak gol lewat Cody Gakpo, kini Belanda hanya butuh waktu sembilan menit untuk bisa mendapatkan gol pertamanya.

    Adalah Cody Gakpo yang kembali membuka keunggulan bagi Tim Oranye dalam pertandingan ini. Memanfaatkan umpan dari Davy Klaassen, Gakpo berhasil menyarangkan bola ke gawang Ekuador dengan tembakan keras dari luar kotak penalti.

    Setelah itu, Belanda terus mencoba menekan. Namun, Ekuador juga berusaha lepas dari tekanan untuk bisa menyamakan kedudukan.

    Pendukung Ekuador sempat bersorak karena ada gol yang dicetak oleh Pervis Estupinan pada akhir babak pertama. Sayangnya, gol itu dianulir wasit karena rekannya, Jackson Parozo, berada di posisi offside dan menghalangi pandangan kiper Belanda, Andrieas Noppert.

    Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Belanda pun tidak berubah saat para pemain meninggalkan lapangan menuju ruang ganti.

    3 dari 6 halaman

    Ekuador Bangkit dan Menyamakan Kedudukan

    Setelah babak kedua dimulai, Ekuador berusaha bangkit dan menekan. Terbukti hanya butuh empat menit paruh kedua berjalan, Ekuador berhasil menyamakan kedudukan lewat sang kapten, Enner Valencia.

    Kapten Ekuador itu berada di jantung pertahanan Belanda ketika Andries Noppert menghalau tembakan Pervis Estupinan. Bola yang dihalau Noppert terlepas dan bergulir mengarah Valencia yang langsung menghujam bola merobek jala gawang Belanda.

    Keberhasilan Ekuador menyamakan kedudukan membuat semangat anak asuh Gustafo Alvaro itu meningkat pesat. Mereka berusaha untuk menekan Belanda agar bisa mengamankan peluang ke 16 besar Piala Dunia 2022.

    Ekuador terus menekan pertahanan Belanda yang mulai keteteran pada menit-menit akhir pertandingan. Virgil van Dijk dkk. dibuat cukup deg-degan dengan intensitas serangan yang dibuat oleh Ekuador.

    Hingga pertandingan berakhir, tak ada tambahan gol yang tercipta.

    Kedua tim harus puas berbagi poin dan sama-sama mengoleksi empat poin yang artinya persaingan di Grup A Piala Dunia 2022 masih akan panas hingga matchday terakhir karena Senegal juga masih punya peluang setelah mengalahkan Qatar dan kini memiliki tiga poin.

    Nasib nahas justru dirasakan oleh Qatar. Tim tuan rumah Piala Dunia 2022 ini menjadi tim pertama yang tersingkir dari turnamen empat tahunan itu karena masih tanpa poin hingga akhir dari matchday kedua dan tak mungkin lagi mengejar perolehan poin Belanda dan Ekuador.

    4 dari 6 halaman

    Susunan Pemain

    Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Teun Koopmeiners, Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen; Cody Gakpo, Steven Bergwijn

    Pelatih: Louis van Gaal

    Ekuador (3-4-2-1): Hernan Galindez; Jackson Parozo, Felix Torres, Piero Hincapie; Angelo Preciado, Jhegson Mendez, Moises Caicedo, Pervis Estupinan; Gonzalo Plata, Enner Valencia; Michael Estrada

    Pelatih: Gustavo Alfaro

    5 dari 6 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    6 dari 6 halaman

    Persaingan Grup A Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer