Sukses


    Fun Fact Piala Dunia: Asal Usul Timnas Brasil Juga Punya Julukan Canarinha dan Pakai Jersey Kuning

    Bola.com, Jakarta - Tidak ada negara lain di dunia seperti Brasil yang memiliki hubungan istimewa dengan sepak bola. Banyak hal-hal yang membuktikan unik hubungan sepak bola dengan Brasil.

    Permainan sepak bola terlihat begitu indah serta sakral seperti sebuah agama di Brasil. Sementara itu, negara lain melihat sepak bola sebagai jalur pelarian ekonomi atau sosial.

    Fakta ini membuat orang Brasil sering dianggap sebagai pesepak bola alami terbaik. Negara ini menciptakan Joga Bonito dan dianggap sebagai tempat lahir pemain terbaik dalam sejarah sepak bola dunia.

    Timnas Brasil juga memiliki jersey kebangaan yang khas berwarna kuning. Brasil juga mendapat berbagai julukan karena permainan indahnya seperti 'Scratch du Oro', 'Cerdeamarela' atau 'Canarinha'.

    Lalu bagaimana cerita Timnas Brasil mendapatkan julukan Canarinha? Serta mengapa negara asal Amerika Selatan ini mengenakan jersey berwarna kuning?

     

    2 dari 5 halaman

    Tak Pernah Absen di Piala Dunia

    Brasil adalah tim yang paling sering berpartisipasi di Piala Dunia karena selalu hadir sejak edisi pertama 1930 hingga 202. Mereka juga mengoleksi gelar juara terbanyak yakni lima kali. 

    Kemenangan terakhir Brasil ditorehkan pada Piala Dunia 2002, di Korea Selatan dan Jepang. Sejak  2002 itu mereka mencari kemenangan keenamnya.

    Tahun ini, Brasil lagi-lagi digadang-gadang menjadi favorit juara. Selain punya sejarah yang kuat di Piala Dunia, Tim Samba juga punya materi pemain yang tidak kaleng-kaleng. 

     

     

    3 dari 5 halaman

    Asal Usul Julukan Canarinha

    Asal usul julukan serta warna jersey Brasil datang secara bersamaan pada Piala Dunia 1950. Sebelumnya mereka bukanlah 'Canarinha' dan tidak memakai jersey warna kuning karena sempat berprestasi suram.

    Pada Piala Dunia 1950, saar Brasil menjadi tuan rumah, Selecao diunggulkan menjadi juara. Sayang mereka kalah 1-2 dari Uruguay di laga final dan memaksa Federasi Sepak Bola Brasil merombak identitas tim nasionalnya.

     

    4 dari 5 halaman

    Sejarah Timnas Brasil Memakai Warna Kuning

    Pada 1953, Brasil mengadakan sayembara untuk desain jersey yang dipakai untuk timnas. Melansir jurnal ilmiah FuLIA dari Universitas Federal Minas Gerais, sayembara digelar karena kit mereka saat itu tidak mengungkapkan jati diri negara karena jerseynya berwarna putih biru.

    Sayembara yang terbit dalam sebuah surat kabar, Correio da Manha, mencantumkan sejumlah persyaratannya. Di antaranya harus menggunakan warna-warna kuning, hijau, biru dan putih atau warna bendera Brasil.

    Pada akhirnya, pemenangnya adalah kemeja dengan warna kuning kenari. Jadi, Canarinha, yang diterjemahkan menjadi burung kenari adalah julukan yang diberikan kepada timnas Brasil.

    Sumber: Marca

    5 dari 5 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer