Sukses


    Soal Aksi Tutup Mulut Timnas Jerman, Gundogan: Sebagai Muslim Saya Bangga dengan Piala Dunia 2022 di Qatar

    Bola.com, Jakarta - Gelandang Timnas Jerman, Ilkay Gundogan mengatakan bahwa, sebagai seseorang yang berasal dari keluarga Muslim, dia dan komunitas Islam, termasuk keluarganya, bangga karena Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

    Timnas Jerman membuat salah satu protes paling keras terhadap FIFA dan negara Qatar di Piala Dunia ini, setelah menutup mulut mereka untuk foto tim sebelum kalah 1-2 dari Jepang.

    Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) menyatakan tidak memberikan instruksi khusus terkait gestur tersebut. Belakangan diketahui aksi itu dilakukan spontan oleh seluruh penggawa Der Panzer.

    Lewat media Twitter, Jerman menegaskan bahwa itu sebagai protes karena FIFA melarang penggunaan ban kapten bertuliskan OneLove selama Piala Dunia 2022 berlangsung.

     

    2 dari 5 halaman

    Dihasut

    Ilkay Gundogan menuturkan, aksi tutup mulut diprakarsai beberapa anggotra Timnas Jerman.

    "Kami memiliki beberapa pemain yang marah dengan FIFA karena ada hal-hal yang direncanakan dengan tim, beberapa pemain frustrasi dan ingin menunjukkan sesuatu," kata Gundogan usai pertandingan melawan Spanyol.

    "Kami berdiskusi dalam tim, dan diputuskan bahwa kami akan melakukan gerakan ini melawan FIFA. Jika Anda melakukannya, lakukan sebagai tim."

     

    3 dari 5 halaman

    Bangga

    Dari sudut pandang Gundogan, pernyataan tersebut kini telah dibuat, dan inilah saatnya bagi Jerman untuk berkonsentrasi mencoba lolos dari grup dan menjuarai Piala Dunia.

    Dia juga berbicara tentang kebanggaannya karena berasal dari keluarga Muslim, dan melihat negara mayoritas Muslim menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

    "Pandangan saya sekarang politik sudah selesai. Qatar sangat bangga, sangat bangga menjadi tuan rumah, juga negara muslim pertama, saya berasal dari keluarga muslim, komunitas muslim bangga, sekarang saatnya menikmati dan merayakan sepak bola," kata Gundogan menambahkan.

    Sumber: The Independent

    4 dari 5 halaman

    Liputan Khusus Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    5 dari 5 halaman

    Persaingan di Grup E Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer