Sukses


    Ulasan Luciano Leandro Soal Performa Tim Non-Unggulan Asal Benua Amerika di Piala Dunia 2022: Ekuador Mengejutkan!

    Bola.com, Yogyakarta - Beberapa wakil dari Benua Amerika di Piala Dunia 2022 mampu bersaing dengan tim dari Eropa. Bahkan dua tim yang awalnya tidak menjadi favorit, Kosta Rika dan Ekuador, membuat kejutan di matchday kedua Piala Dunia 2022.

    Kosta Rika yang tergabung di Grup E sukses mengejutkan dengan kemenangan 1-0 atas Jepang. Sementara Ekuador di luar dugaan mampu menahan imbang Belanda dengan skor 1-1 di Grup A Piala Dunia 2022.

    Kedua negara ini memang bukan termasuk tim unggulan layaknya Argentina, Brasil, maupun Uruguay. Namun, Kosta Rika dan Ekuador sejauh ini tampil cukup lumayan di babak penyisihan grup.

    Kosta Rika bahkan sudah mengantongi satu kemenangan ketimbang Uruguay yang belum sekalipun meraih poin penuh.

    Los Ticos mampu bangkit setelah menjadi bulan-bulanan Timnas Spanyol. Pada partai perdana Kosta Rika dihajar La Furia Roja dengan skor telak 0-7 di Al Thumama Stadium Rabu (23/11/2022).

    Saat ini Kosta Rika berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan raihan tiga poin. Dalam pertandingan terakhir Grup E, mereka akan menghadapi lawan berat, Jerman, pada 2 Desember mendatang.

    Sementara Ekuador memiliki awalan yang lebih bagus ketimbang Kosta Rika. Mereka menorehkan empat poin dari kemenangan 2-0 atas tuan rumah Qatar dan hasil imbang 1-1 saat bersua Belanda. Hasil itu membuat Tricolor nangkring di posisi kedua Grup A Piala Dunia 2022.

     

    2 dari 6 halaman

    Ekuador Lebih Unggul

    Namun, akan sejauh mana peluang kedua negara ini melaju, mantan pelatih Persipura Jayapura, Luciano Leandro, punya pandangan tersendiri. Menurutnya Ekuador punya kans untuk lolos ketimbang Kosta Rika.

    "Saya melihat Ekuador memiliki lebih banyak peluang daripada Kosta Rika untuk lolos ke tahap berikutnya," ujar Luciano Leandro kepada Bola.com Selasa (29/11/2022) pagi.

    Luciano Leandro memprediksi Ekuador bisa melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Syaratnya mereka harus memenangkan laga terakhir babak penyisihan Grup E melawan Senegal di Stadion Khalifa International, Selasa (29/11/2022) malam pukul 22:00 WIB.

     

    3 dari 6 halaman

    Menang, Otomatis Lolos

    Pertandingan ketiga akan menentukan nasib Ekuador di Piala Dunia 2022. Jika menang atas Senegal, Ekuador otomatis melaju ke babak 16 besar, sedangkan jika kalah, maka akan tersingkir.

    "Ekuador memainkan sepak bola ofensif, memiliki model permainan yang kompak dan cepat dalam serangan balik. Itu modal yang bagus untuk mereka," puji legenda hidup Persipura Jayapura itu.

    "Namun, menurut saya Ekuador tidak akan terlalu jauh di Piala Dunia tahun ini, maksimal masuk ke fase 16 besar," sambung Luciano Leandro.

     

    4 dari 6 halaman

    Enner Valencia Gacor!

    Ekuador beruntung memiliki sosok striker haus gol seperti Enner Valencia. La Tricolor memang sangat bergantung kepada pemain 33 tahun tersebut. Valencia mencetak tiga gol dari keseluruhan gol Ekuador di Piala Dunia 2022 sejauh ini.

    "Enner Valencia pemain bagus, pencetak gol terbanyak di Piala Dunia saat ini bersama Mbapppe. Pada Piala Dunia 2014, Enner Valencia sudah menunjukkan kualitasnya dengan mencetak tiga gol di fase penyisihan. Meskipun itu tidak cukup bagi Ekuador untuk lolos ke babak selanjutnya," ucap Luciano Leandro.

    "Dia memantapkan dirinya sebagai salah satu striker utama Ekuador di Piala Dunia 2022. Melawan tim bagus Senegal nanti, mereka memiliki kesempatan untuk lolos ke babak 16 besar," tambah pelatih kelahiran Rio de Janeiro itu.

    Sayang, Enner Valencia diragukan tampil di laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2022. Dia mengalami cedera saat menit-menit akhir ketika melawan Belanda.

    "Enner Valencia striker cepat dan finisher yang sangat baik. Saat ini dia berjuang melawan cedera lutut untuk berada di lapangan dalam pertandingan yang menentukan melawan Senegal, tim yang bagus," pungkas Luciano Leandro. (Ana Dewi)

    5 dari 6 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

    6 dari 6 halaman

    Persaingan di Grup A Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer