Sukses


    Ulasan Luciano Leandro: Deretan Playmaker Keren di Piala Dunia 2022, Siapa Saja?

    Bola.com, Yogyakarta - Piala Dunia 2022 bakal menjadi panggung unjuk kebolehan bagi para pemain. Mulai dari striker, kiper, bek, hingga playmaker.

    Nah, posisi terakhir tersebut punya peran yang tidak kalah penting dari posisi lainnya. Ya, bisa dibilang seorang playmaker merupakan ruh permainan dari sebuah tim sepak bola.

    Pemain ini bertugas mengontrol aliran serangan timnya. Playmaker memiliki kemampuan visi bermain yang cerdas. Selain melakukan operan yang ciamik, playmaker juga harus pintar membuka ruang bagi rekan setimnya untuk mencetak gol.

    Hal ini dilontarkan legenda hidup PSM Makassar Luciano Leandro. Dari sekian nama playmaker yang berlaga di Qatar, Luci memilih empat pamain jagoannya. Siapa saja mereka?

     

    2 dari 6 halaman

    Kevin De Bruyne (Belgia)

    Pemain pertama pilihan Luciano Leandro adalah Kevin De Bruyne. Pemain Manchester City itu dinilai memiliki kemampuan umpan yang bagus serta punya tendangan jarak jauh yang sama baiknya.

    Kevin De Bruyne menunjukkan performa yang cemerlang bersama The Citizens. Berkat penampilan apiknya itu dia diganjar penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris selama dua musim terakhir.

    Pemain asal Belgia itu sejauh ini sudah mencetak 84 gol dan 116 assist sejak bergabung dengan Man City pada musim 2015/2016.

    "Kevin De Bruyne adalah pemain yang berpengalaman. Tidak cuma mencetak gol dia juga punya umpan-umpan yang bagus dan juga menjadi andalan di Timnas Belgia," ujar Luciano Leandro kepada Bola.com Selasa (29/11/2022) siang.

     

    3 dari 6 halaman

    Pedri Gonzales (Spanyol)

    Usianya memang masih muda. Tetapi Pedri telah menjadi andalan La Furia Roja di bawah kepelatihan Luis Enrique. Gelandang berusia 19 menjadi pilihan utama lini tengah Spanyol di sepanjang gelaran Euro 2020.

    Tak hanya itu, Pedri juga didaulat sebagai Pemain Muda Terbaik dalam malam anugerah Ballon d'Or 2021.

    Pada Piala Dunia 2022, Pedri masih menjadi pilihan sang pelatih. Begitupula di level klub. Jika bukan karena cedera, dia kerap turun sebagai starting lineup di klubnya, Barcelona.

     

    4 dari 6 halaman

    Rodrygo Goes (Brasil)

    Berikutnya ada Rodrygo Goes. Luciano Leandro menyebut pemain Real Madrid itu memiliki kemampuan di atas rata-rata. Dia telah mencatatkan tujuh gol dan lima assists dalam 18 penampilan di berbagai ajang.

    Rodry juga menjadi salah satu aktor dibalik kesuksesan Real Madrid menjuarai Liga Champions musim lalu.

    Rodrygo merupakan pemain versatile. Dia tidak hanya andal di posisi sayap kiri, namun juga sanggup bermain sebagai penyerang tengah hingga sayap kanan. Ini sudah dilakukan Rodrygo bersama Real Madrid di beberapa musim terakhir.

    Rodrygo memulai debut bersama Timnas Brasil pada November 2019 dalam laga persahabatan melawan Argentina.

    "Dia merupakan gelandang muda dan kualitas yang luar biasa. Punya karakteristik untuk menjadi pemain penting di Piala Dunia 2022," kata pelatih berusia 56 tahun itu.

     

    5 dari 6 halaman

    Jude Bellingham (Inggris)

    Terakhir ada Jude Bellingham. Luciano Leandro mengatakan Jude Bellingham merupakan salah satu gelandang terbaik saat ini.

    Dia menunjukkan performa yang bagus layaknya gelandang-gelandang terbaik dunia pada perhelatan Piala Dunia 2022. Padahal usianya masih sangat muda yakni, 19 tahun.

    "Kami memiliki beberapa pemain yang bermain di lini tengah dengan banyak kualitas. Pemain baru dan usia muda seperti Pedri Gonzales, Rodrygo, dan Jude Bellingham," ujar Luciano.

    "Tidak ketinggalan yang lebih berpengalaman seperti Kevin De Bruine, Neymar dan Lionel Messi juga bisa bermain di lini tengah atau bisa maju," pungkasnya. (Ana Dewi)

    6 dari 6 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer