Sukses


    Hasil Piala Dunia 2022: Singkirkan Iran, AS Lolos ke 16 Besar dan Bakal Hadapi Belanda

    Bola.com, Doha - Timnas Amerika Serikat (AS) berhasil membungkam Timnas Iran dengan skor 1-0 di laga terakhir Grup B Piala Dunia 2022 yang digelar di Al Thumama Stadium, Doha, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. AS pun berhak melangkah ke 16 besar Piala Dunia 2022 dan berhadapan dengan Belanda di fase selanjutnya.

    AS berhasil memenangkan pertandingan terakhirnya di Grup B Piala Dunia 2022 berkat gol tunggal yang dicetak oleh Christian Pulisic pada menit ke-38. Namum, gol tersebut harus dibayar mahal dengan cederanya sang playmaker yang tak bisa melanjutkan pertandingan di babak kedua.

    Setelah melewati permainan yang sangat sengit sepanjang babak kedua, tak ada tambahan gol yang tercipta sehingga AS pun berhasil meraih tiga poin yang menggeser posisi Iran dari posisi kedua dan berhak melangkah ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai runner-up Grup B.

    AS akan berhadapan dengan Belanda, yang menjadi juara Grup A, di babak 16 besar. Seperti apa jalannya pertandingan yang membawa AS menang atas Iran di Grup B Piala Dunia 2022?

    2 dari 6 halaman

    Christian Pulisic Jadi Pahlawan AS

    Amerika Serikat (AS) bermain lebih menekan dalam 15 menit pertama pertandingan Grup B Piala Dunia 2022 itu, di mana mayoritas serangan dibangun lewat sisi kanan, di mana Sergino Dest beroperasi dan bersama Timothy Weah membuat Iran cukup keteteran.

    Tekanan AS terhadap pertahanan Iran akhirnya berbuah hasil pada menit ke-38. Christian Pulisic berhasil mencetak gol ke gawang Iran dengan sebuah sontekan setelah mendapatkan bola dari Sergino Dest.

    Namun, gol tersebut harus dibayar dengan mahal karena pemain Chelsea itu langsung mengalami cedera karena berbenturan dengan kiper Iran, Alireza Beyranvand, dalam momen terciptanya gol AS tersebut.

    Pulisic pada akhirnya tetap melanjutkan permainan, tapi sangat terlihat gelandang AS ini tidak nyaman dengan kondisinya setelah mengalami cedera tersebut.

    AS sempat mendapatkan kesempatan untuk menggandakan keunggulan pada masa injury time babak pertama setelah Timothy Weah mendapatkan umpan terobosan dari Tyler Adams dan menceploskan bola ke gawang yang kosong setelah lebih dulu melewati kiper Iran. Sayang gol tersebut dianulir karena sudah lebih dulu berada di posisi offside.

    Hingga babak pertama berakhir, AS pun tetap unggul 1-0.

    3 dari 6 halaman

    Tak Ada Tambahan Gol, AS Melaju ke 16 Besar

    Pelatih Timnas Amerika Serkat (AS), Gregg Berhalter, harus mengambil keputusan cukup sulit, menarik keluar Christian Pulisic pada awal babak kedua karena menilai sang pemain terlalu berisiko jika harus melanjutkan pertandingan.

    Permainan di babak kedua cukup intens, di mana Iran berusaha untuk bangkit dan memberikan tekanan kepada AS. Namun, pada saat yang sama, AS tetap bermain agresif untuk bisa mendapatkan gol keduanya dalam pertandingan ini.

    Namun, hingga pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan yang tercipta. AS pun memastikan tiga poin menjadi milik mereka dan sukses menggeser Iran dari posisi kedua untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai runner-up.

    AS akan menghadapi Belanda yang menjadi juara Grup A di babak 16 besar.

    4 dari 6 halaman

    Susunan Pemain

    Iran (4-4-1-1): Alireza Safar Beiranvand; Ramin Rezaeian, Majid Hosseini, Morteza Pouraliganji, Milad Mohammad; Al Gholizadeh, Saeid Ezzatollahi, Ahmad Nourollahi, Ehsan Hajisafi; Mehdi Taremi; Sardar Azmoun

    Pelatih: Carlos Queiroz

    Amerika Serikat (4-3-3): Mattthew Turner; Sergino Dest, Cameron Carter Vickers, Tim Ream, Antonee Robinson; Yunus Musah, Tyler Adams, Weston McKennie; Timothy Weah, Christian Pulisic, Joshua Sargent

    Pelatih: Gregg Berhalter

    5 dari 6 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    6 dari 6 halaman

    Hasil Akhir Grup B Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer