Sukses


    Khuwailid Mustafa, Pemain Berdarah Indonesia Main di Liga Qatar: Satu Tim dengan Eks Bayern Munchen

    Laporan Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar.

    Khuwailid Mustafa adalah salah satu pemain berdarah Indonesia yang bisa mentas di kasta tertinggi Liga Qatar, Qatar Stars League.

    Pemain kelahiran Lhokseumawe, Aceh ini memperkuat Qatar SC yang sedang menempati posisi tujuh klasemen Qatar Stars League 2022/2023.

    Qatar Stars League sendiri memiliki regulasi memperbolehkan setiap tim diperkuat enam pemain asing. Dengan rincian masing-masing satu pemain kategori AFC dan UAFA plus empat pemain asing dari dua kategori di atas.

    Untuk Qatar SC, tim ini diperkuat oleh eks pemain Bayern Munchen, Javi Martinez. Saat bertemu Bola.com, ayah Khuwailid Mustafa, Mustafa Ibrahim menceritakan sang anak sempat bercerita soal sosok Javi Martinez.

    "Menurut Khuwailid, skill dari Javi Martinez ini masih oke. Tapi performa sudah jauh menurun. Kalau main tidak terlalu banyak lari," tutur Mustafa.

    2 dari 5 halaman

    Saingan Javi Martinez

    Menariknya Mustafa menceritakan Javi Martinez punya posisi bermain seperti Khuwailid Mustafa.

    "Posisi bermain Khuwailid sama seperti Javi Martinez yaitu gelandang bertahan. Karena harus bersaing dengan Javi, Khuwailid tidak banyak dapat kesempatan main musim ini," kata Mustafa.

    Qatar SC sudah menjalani tujuh pertandingan musim 2022/2023. Hasilnya tim meraih tiga kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali kalah.

    3 dari 5 halaman

    Buka Kans Perkuat Timnas Indonesia

    Yang patut jadi perhatian, Khuwailid Mustafa belum pernah memperkuat Timnas Qatar. Artinya pemain jebolan Aspire Academy, akademi sepak bola terbaik di Qatar ini sangat terbuka memperkuat Timnas Indonesia.

    Sang ayah Mustafa Ibrahim pun memberikan dukungan. "Harapan saya tentunya Khuwailid bisa perkuat Timnas Indonesia," kata Mustafa.

    "Namun kembali lagi, saya persilahkan Khuwailid untuk memilih. Karena prinsip saya membebaskan," lanjutnya.

    4 dari 5 halaman

    PSSI Cari Tahu

    Mustafa Ibrahim turut menceritakan bahwa PSSI telah menjalin komunikasi dengan Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) terkait pemain berdarah Indonesia yang mentas di Qatar Stars League.

    "Yang saya tahu, PSSI menjalin komunikasi dengan PSSI-nya Qatar dan mendata siapa-siapa saja pemain Indonesia yang main di Liga Qatar," ujar Mustafa.

    "Informasi juga datang kepada saya. Minta data pemain seperti tanggal lahir, posisi sampai video," lanjutnya.

    Namun menurut Mustafa, sampai detik ini belum pernah ada panggilan dari Timnas Indonesia untuk Khuwailid.

    5 dari 5 halaman

    Liputan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer