Sukses


    Seseorang Tewas usai Negaranya Gagal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Ternyata Teman Masa Kecil Pemain Iran

    Bola.com, Teheran - Seorang pria Iran meninggal dunia usai kegagalan negaranya lolos ke fase 16 besar Piala Dunia 2022. Menurut laporan, korban ditembak oleh pasukan keamanan setempat, diduga karena merayakan kekalahan Iran dari Amerika Serikat.

    Mehran Samak tewas setelah membunyikan klakson mobilnya di kota Bandar Anzali, sebuah kota di barat laut Teheran, menurut para aktivis pejuang hak asasi manusia Iran.

    "Namanya Mehran Samak. Dia ditembak di bagian kepala oleh pasukan negara ketika dia keluar untuk merayakan kekalahan Iran di Piala Dunia FIFA 2022 di Bandar Anzali tadi malam seperti banyak orang di seluruh negeri. Dia baru berusia 27 tahun," bunyi keterangan kelompok pejuang hak asasi manusia tersebut.

    Kematian Samak juga dilaporkan oleh kelompok HAM lainnya, Pusat Hak Asasi Manusia di Iran. Dalam sebuah tweet, grup tersebut memposting video pemakamannya.

    "Korban dilaporkan ditembak oleh pasukan keamanan di Bandar Anzali, Provinsi Gilan, 29 November saat dia sedang mengemudi/membunyikan klakson untuk merayakan kekalahan Iran melawan AS."

     

    2 dari 5 halaman

    Teman Masa Kecil Pemain Iran

    Ironisnya, belakangan terungkap bahwa korban adalah teman masa kecil pemain sepak bola Iran Saeid Ezatolahi, yang bermain di Piala Dunia di Qatar.

    Setelah laporan kematian Samak, Ezatolahi mengatakan dia mengenalnya sebagai rekan bermainnya, dan memposting foto di Instagram story-nya.

    “Saya berharap kami bisa bertahan di usia itu selamanya. Tanpa pergumulan, tanpa kebencian, tanpa iri hati,” tulisnya.

    “Setelah kekalahan pahit tadi malam, berita kematianmu membuat hatiku terbakar."

    “Bahkan sekarang, menulis cerita ini, saya masih belum tidur. Hai teman lama, Anda harus tahu bahwa hari demi hari, umat manusia semakin berkurang di dunia ini. Ini bukanlah apa yang pantas diterima oleh kaum muda kita. Ini bukan yang pantas diterima bangsa kita."

    3 dari 5 halaman

    Konflik Sipil di Iran

    Keberangkatan Iran ke Piala Dunia 2022 memang disisipi kabar kurang sedap. Selama kurang lebih tiga bulan terakhir, negara tersebut dilanda konflik internal.

    Pemicunya adalah kematian warga berusia 22 tahun oleh pemerintahan Iran setelah membela hak-hak perempuan. Insiden itu membuat warga Iran marah dan melakukan demonstrasi besar-besaran.

    Beberapa tokoh berpengaruh Iran, bahkan eks pesepak bola Timnas Iran, kabarnya juga ikut berkontra dengan rezim pemerintah. Puncaknya, pada laga kontra Inggris, pemain Iran menolak menyanyikan lagu kebangsaan sebagai bentuk protes.

    Sumber: The Independent, Instagram/Saeed Ezatolahi

    4 dari 5 halaman

    Liputan Khusus Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    5 dari 5 halaman

    Peringkat Akhir Grup B Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer