Sukses


    Roberto Martinez Umumkan Mundur Setelah Timnas Belgia Terdepak dari Piala Dunia 2022

    Bola.com, Al Rayyan - Timnas Belgia gagal lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022 setelah bermain imbang pada laga terakhir Grup F. Pasca-kegagalan tersebut, Roberto Martinez memutuskan mundur dari jabatan pelatih Belgia.

    Tim yang dijuluki De Rode Duivels tersebut merupakan satu di antara kandidat kuat di Piala Dunia 2022. Menempati Grup F bersama Kroasia, Maroko, dan Kanada, Timnas Belgia diprediksi bakal melenggang mudah ke fase gugur.

    Namun pada kenyataannya, Belgia tampil melempem. Mereka hanya meraih kemenangan 1-0 atas Kanada (24/11/2022), keok 0-2 dari Maroko (27/11/2022), dan teranyar bermain imbang 0-0 melawan Kroasia (1/12/2022).

    Hasil tersebut membuat Timnas Belgia gagal lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022, karena berada di urutan ketiga Grup F dengan nilai empat. Mereka tertinggal satu angka dari Kroasia di urutan kedua dan tiga poin dari Timnas Maroko di urutan teratas.

     

    2 dari 5 halaman

    Tetap Bangga

    Meski Timnas Belgia gagal menembus fase knock-out, Roberto Martinez tetap bangga dengan perjuangan anak asuhannya. Pelatih asal Spanyol itu juga menyebut skuad yang ada saat ini masih menyisakan gen emas untuk masa-masa mendatang.

    "Tidak mudah untuk memenangkan pertandingan di Piala Dunia. Kami tidak menjadi diri kami sendiri di pertandingan pertama, kami pantas kalah di pertandingan kedua," ujar Martinez.

    "Hari ini kami siap, kami menciptakan peluang dan hari ini tidak ada penyesalan. Kami tersingkir tetapi kami bisa pergi dengan kepala terangkat tinggi."

     

    3 dari 5 halaman

    Mundur dari Jabatan Pelatih

    Pasca-kegagalan tersebut, Roberto Martinez memutuskan untul mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Belgia. Saat ini, durasi kontrak Martinez akan rampung selepas Piala Dunia 2022.

    "Itu adalah pertandingan terakhir saya. Itu sangat emosional seperti yang bisa Anda bayangkan," kata Martinez.

    Roberto Martinez pertama kali menjabat sebagai pelatih pada 3 Agustus 2016, menggantikan peran Marc Wilmots. Selama enam tahun menangani Timnas Belgia, Martinez berhasil membawa timnya meraih 56 kemenangan, 13 hasil imbang, dan menelan 11 kekalahan dari 80 laga.

    Mantan manajer Everton itu juga berhasil membuat Belgia berada di puncak ranking FIFA dari 2018 sampai 2021. Sayangnya, dia belum pernah membawa De Rode Duivels meraih satu pun titel juara.

    Sumber: BBC Sports

    4 dari 5 halaman

    Simak Posisi Akhir Timnas Belgia di Grup F:

    5 dari 5 halaman

    Saksikan Keseruan Piala Dunia 2022 di EMTEK

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer