Sukses


    Kegarangan Jepang Si Penghancur Tim Raksasa di Piala Dunia 2022: 2 Kali Comeback, Sikat Spanyol dan Jerman

    Bola.com, Doha - Timnas Jepang benar-benar tampil spektakuler pada penyisihan Grup E Piala Dunia 2022. Siapa sangka, Tim Samurai Baru mengagetkan banyak orang dengan menjadi kampiun Grup E dan lolos ke babak 16 besar. 

    Keberhasilan Timnas Jepang dinilai luar biasa karena tergabung di grup neraka. Bayangkan saja, Jepang dikepung dua klub raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol. Satu rival lainnya juga bukan lawan mudah, yaitu Kosta Rika. 

    Tidak banyak yang menjagokan Jepang bakal melenggang dari fase grup. Bursa-bursa taruhan menempatkan Spanyol dan Jerman yang akan mewakili Grup E ke fase selanjutnya. 

    Namun, Jepang membalikkan semua prediksi. Tim besutan Hajime Moriyasu malah menciptakan neraka bagi Spanyol dan Jerman. Uniknya, Jepang menang identik atas kedua tim itu, skornya 2-1, plus diwarnai dengan comeback setelah lebih dulu tertinggal. 

    Jepang melaju ke 16 besar dengan torehan enam poin dari tiga pertandingan. Menariknya, Timnas Jepang malah kalah dari Kosta Rika. 

    Begini perincian perjalanan sensasional Jepang di Grup E Piala Dunia 2022. 

    2 dari 6 halaman

    Permalukan Jerman

    Timnas Jepang mampu bangkit untuk mengalahkan Jerman pada laga pertama di Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Samurai Biru menang 2-1 atas Der Panzer.

    Sejak babak pertama dimulai, Jerman langsung mengambil alih penguasaan bola. Jepang dipaksa bertahan sembari sesekali melakukan serangan balik cepat.

    Kendati demikian, Jerman baru bisa membuka keunggulan menit 33', itupun melalui titik penalti setelah kiper Jepang Shuichi Gonda melakukan pelanggaran. Ilkay Gundogan yang menjadi eksekutor sukses mencetak gol.

    Namun pada babak kedua, angin sedikit berubah. Jerman masih menguasai, setidaknya selama 15 menit babak kedua berjalan, tapi Jepang terlihat siap melakukan kejutan.

    Benar saja, menit 75' Ritsu Doan mampu mengecoh kiper Jerman Manuel Neuer. Belum hilang rasa terkejut Der Panzer, Jepang malah berbalik memimpin 2-1 setelah Takuma Asano membobol gawang Neuer untuk kali kedua.

    Tujuh menit sisa pertandingan, Jerman mengerahkan segala kemampuan terbaiknya guna menyamakan kedudukan. Akan tetapi, Jepang berhasil mempertahankan kemenangan 2-1 hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir.

    3 dari 6 halaman

    Takluk dari Kosta Rika

    Di laga kedua Jepang kalah. Kosta Rika membungkam Jepang dengan skor 1-0 pada matchday kedua Grup E Piala Dunia 2022 di Ahmad Bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Minggu (27/11/2022). 

    Jepang digadang-gadang melanjutkan tren positif setelah mengalahkan Jerman 2-1 pada laga pertama. Namun, pasukan Hajime Moriyasu gagal.

    Duel Jepang melawan Kosta Rika berlangsung alot. Gol baru tercipta pada babak kedua.

    Keysher Fuller menjebol gawang Suichi Gonda pada menit ke-81. Ini merupakan shot on goal pertama Kosta Rika di Piala Dunia kali ini, dari empat percobaan.

    Di sisi lain, Jepang frustrasi gagal menembus gawang Keylor Navas, dengan 13 percobaan dan 3 mengenai sasaran. Dengan demikian, Kosta Rika memanaskan persaingan grup E.

     

    4 dari 6 halaman

    Bangkit Pecundangi Spanyol

    Selanjutnya, Timnas Jepang tampil heroik dengan menumbangkan Timnas Spanyol 2-1 pada matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Kemenangan itu mengantar Jepang melangkah ke babak 16 besar dengan torehan enam poin.  

    Jepang tertinggal terlebih dahulu di babak pertama. Tapi dengan heroik mereka mampu bangkit dan membalikkan keadaan, menjadi kemenangan di babak kedua. 

    Alvaro Morata memecah kebuntuan ketika pertandingan baru berjalan 11 menit. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir. 

    Setelah jeda, Jepang benar-benar menggebrak dan membuat kejutan. Jepang berhasil menyamakan skor pada menit ke-46. 

    Gol balasan Tim Samurai Biru dilesakkan oleh Ritsu Doan. Jepang belum berhenti sampai di situ, bahkan semangatnya makin meledak-ledak. Jepang menceploskan gol kedua tiga menit berselang. Kali ini gol Jepang lahir dari Ao Tanaka. 

    Tambahan tiga poin membuat Jepang membuat kejutan besar dengan menjadi juara Grup E dan memastikan lolos ke 16 besar. Spanyol, meskipun kalah, juga melaju ke 16 besar. 

    5 dari 6 halaman

    Intip Posisi Akhir Jepang

    6 dari 6 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer