Sukses


    Muhammad Yunus Bani, Satu Angkatan dengan Fakhri Husaini dan Kini Lahirkan Banyak Pemain Hebat di Qatar

    Laporan Langsung Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar.

    Diam-diam ternyata ada pelatih asal Indonesia yang memegang lisensi C UEFA yang tinggal di Qatar. Namanya Muhammad Yunus Bani.

    Kami bertemu dengan coach Yunus di sela-sela liputan Piala Dunia 2022. Pria asal Lhokseumawe, Aceh ini dulu juga sempat mengawali karier sebagai pesepak bola.

    Namun karena tuntunan pekerjaan, caoch Yunus memilih hijrah ke Qatar pada tahun 1998 dan bekerja di Qatargas.

    "Pemain satu angkatan saya itu Fakhri Husaini. Dulu kami sama-sama di Bina Taruna Lhokseumawe," kisah coach Yunus.

    "Bersama Fakhri, saya sempat nyaris gabung Timnas Indonesia U-23. Namun karena ada risiko kehilangan pekerjaan, saya harus mengubur impian jadi pemain sepak bola," lanjutnya.

    2 dari 5 halaman

    Bekerja sembari Melatih

    Meski gagal jadi pesepak bola profesional, coach Yunus tetap dekat dengan dunia sepak bola. Sembari bekerja di Qatar, ia melatih Al Khor Community (AKC), yang jika di Indonesia disebut SSB.

    AKC ini diisi banyak pemain muda Indonesia yang memang tinggal di Qatar. Bukan cuma Indonesia, banyak ekspatriat lain yang dilatih oleh coach Yunus.

    "AKC ini rutin berlatih setiap Selasa sore dan Jumat pagi. Kami sering menjadi sparring partner tim-tim Liga Qatar," kisah coach Yunus.

    "Kalau ada pemain yang bagus, Aspire Academy suka meminta dan kebetulan saya punya hubungan baik dengan orang-rang di Aspire," tambahnya.

    3 dari 5 halaman

    Lahirkan Banyak Pemain

    Dari AKC ini, ia melahirkan banyak bakat yang kini mentas di Liga Qatar. Yang berstatus berdarah Indonesia ada nama-nama seperti Khuwailid Mustafa, Farri Agri atau Ali Tampo.

    "Sangat menyenangkan bisa bekerja bersama anak-anak ini. Mereka datang dari negara berbeda dan bicara bahasa berbeda," ucap coach Yunus.

    "Tapi sepak bola menyatukan mereka semua. Tugas saya adalah membantu mereka berkembang ke arah yang tepat baik secara individu maupun kolektif," tambahnya.

    4 dari 5 halaman

    Impian

    Pada akhirnya coach Yunus punya mimpi bisa memajukan sepak bola di daerah asalnya, Lhokseumawe. Apalagi usia pensiunnya sebagai pekerja sudah makin dekat.

    "Saya ingin membuat akademi sepak bola di kampung halaman saya. Mimpi saya, Lhokseumawe punya akademi seperti Aspire di Qatar ini," ujarnya.

    "Tentunya tujuan utama, dari akademi itu akan lahir banyak pemain bagus untuk Timnas Indonesia," tambahnya.

    Terus berkarya ya coach..

    5 dari 5 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer