Sukses


    Laporan dari Qatar: Selebrasi Fans Maroko Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, sampai Subuh dan Yakin Bekuk Spanyol

    Laporan Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar

    Kami jadi saksi sukses Timnas Maroko mencetak sejarah untuk kali pertama sejak edisi 1986 tembus babak knockout pada ajang Piala Dunia 2022.

    Di Stadion Al Thumama, Maroko sukses membekuk Kanada dengan skor 2-1 lewat gol Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri. Timnas Maroko pun lolos ke fase knockout sebagai pemucan klasemen.

    Patauan kami, Stadion Al Thumama didominasi fans Maroko. Saat wasit Raphael Claus meniup peluit tanda laga berakhir, mereka melakukan selebrasi bak baru saja menjadi juara dunia.

    Bukan cuma di dalam stadion, selebrasi juga terjadi di luar Al Thumama. Salah satu penonton yang kami tanya, selebrasi bakal dilakukan sampai subuh.

    "Pesta kami akan berlanjut sampai subuh," ujar Malek Alami dari Marrakesh sembari mengatakan kemenangan atas Kanada adalah momen paling bahagia dalam hidupnya.

    "Saya kehabisan kata-kata, begitu banyak perasaan bahagia. Ini sebuah pencapaian luar biasa buat kami," kata Malek Alami.

    2 dari 5 halaman

    Yakin Hadapi Spanyol

    Pada fase knockout, Timnas Maroko akan menghadapi Spanyol. Fans Atlas Lions lainnya punya keyakinan mereka bisa mengalahkan La Furia Roja.

    "Saya pikir kami bisa meraih lebih banyak kemenangan atau mungkin bahkan juara dunia," kata fans Maroko lainnya, Sulaiman.

    "Mereka sudah membuat kami bahagisa. Saya tidak ingin menambahkan beban mereka," lanjut pria yang mengidolai Hakim Ziyech itu.

    3 dari 5 halaman

    Pelajaran Buat Kanada

    Sementara itu fans Kanada lebih legawa menerima kenyataan tim kesayangan mereka mengakhiri Piala Dunia 2022 tanpa kemenangan.

    Seperti yang dikatakan Kelly White. Menurutnya kegagalan di Piala Dunia 2022 bisa dijadikan pelajaran untuk Piala Dunia 2026 di mana mereka berstatus tuan rumah.

    "Saya pikir kami sudah menjalani pertandingan dengan baik, meski tidak menyenangkan kalah," kata Kelly.

    "Tapi buat kami turnamen ini merupakan bukti bahwa Kanada adalah negara sepak bola. Kami bisa bersaing di level dunia," tambahnya.

    Walau selalu kalah, pada tiga pertandingan Piala Dunia 2022, Kanada setidaknya selalu mencetak satu gol.

     

    4 dari 5 halaman

    Klasemen Akhir

    5 dari 5 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer