Sukses


    Piala Dunia 2022 dan Generasi Emas Belgia yang Sudah Kedaluwarsa

    Bola.com, Jakarta - Timnas Belgia bukanlah kekuatan tradisional yang disegani di Eropa. Tetangga Belanda ini selama ini hanya dikenal sebagai tim kuda hitam yang terkadang bisa mengejutkan di sebuah turnamen.

    Namun, memasuki dekade kedua abad ke-21, Timnas Belgia menjelma menjadi kekuatan baru sepak bola dunia. Mereka diperkuat banyak pemain berkualitas saat itu.

    Bahkan, banyak yang mengakui Belgia sedang menikmati generasi emas sepak bola mereka. Piala Dunia 2014 menjadi panggung pertama generasi emas De Rode Duivels.

    Saat itu, Timnas Belgia tampak memiliki skuad merata dari belakang hingga depan. Ada sosok seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Dries Mertens, Thibaut Courtois, dan banyak pemain lain.

    Di Piala Dunia 2014, Belgia terhenti di babak perempat final. Banyak pihak yang memahami kegagalan Belgia melaju lebih jauh lagi. Skuad De Rode Duivels saat itu dinilai masih sangat muda.

    2 dari 6 halaman

    Pencapaian Terbaik

    Kesempatan untuk Timnas Belgia kembali hadir pada Euro 2016. Sebagian besar pilar pada Piala Dunia dua tahun sebelumnya tetap dibawa.

    Ditambah adanya pemain-pemain yang baru muncul. Sebut saja seperti Yannick Carrasco, Jason Denayer, dan beberapa pemain lain. Namun, laju Belgia di EURO 2016 hanya mencapai babak perempat final.

    Pencapaian terbaik generasi emas Belgia hadir di Piala Dunia 2018. Saat itu Kevin De Bruyne dkk melaju hingga babak semifinal.

    Sayangnya, mereka gagal mencapai babak final. Belgia terhibur dengan gelar posisi ketiga pada Piala Dunia yang berlangsung di Rusia itu.

    Posisi ketiga di Piala Dunia itu adalah pencapaian terbaik dalam sejarah sepak bola Belgia. Mereka tidak pernah melaju sejauh itu sebelumnya.

    3 dari 6 halaman

    Mulai Menua

    Tanda-tanda penurunan performa skuad Belgia mulai terasa pada EURO 2020. Beberapa pilar Belgia memang sudah mulai menua. Tak heran jika saat itu Belgia hanya bisa melaju sampai babak perempat final.

    Rasa-rasanya Piala Dunia 2022 menjadi panggung terakhir generasi emas Belgia. Mereka gagal berbicara banyak di Qatar. Jan Vertonghen dkk gagal melaju ke fase gugur.

    Menuanya skuad asuhan Roberto Martinez memang sangat terlihat. Terutama di lini belakang dimana dua bek gaek, Toby Alderwereld dan Jan Vertonghen masih saja dipakai.

    Begitu juga dengan Axel Witsel. Termasuk Eden Hazard yang level permainannya menurun drastis dibandingan tiga atau empat tahun lalu.

    4 dari 6 halaman

    Regenerasi

    Kegagalan di Piala Dunia 2022 menjadi momentum regenerasi bagi Timnas Belgia. Proses itu sudah dimulai dari jajaran tim kepelatihan.

    Roberto Martinez dan beberapa asistenya sudah mundur. Belgia sedang mencari sosok baru yang dinilai cocok melanjutkan kerja Martinez.

    Pekerjaan pertama pelatih baru Belgia kelak adalah untuk meregenerasi skuad mereka. Para pemain senior seperti Jan Vertonghan dkk harusnya tak lagi mendapatkan tempat di skuad Timnas Belgia.

    Masalahnya, di lini belakang Belgia belum menemukan sosok baru yang sekaliber Vertonghen, Alderwereld, atau Vincent Kompany. Belgia sedang dihadapkan pada pekerjaan rumah berat untuk mempertahankan level mereka di sepak bola dunia.

    5 dari 6 halaman

    Posisi Belgia di Piala Dunia 2022

    6 dari 6 halaman

    Liputan Khusus KLY di Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer