Sukses


    5 Pemain Naturalisasi yang Pernah Membela Timnas Jepang di Piala Dunia

    Bola.com, Doha - Timnas Jepang menjadi satu dari tiga tim Asia yang lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022. Armada Hajime Moriyasu itu mempunyai sejumlah pemain jempolan.

    Dari 26 pemain Jepang yang dipanggil ke Piala Dunia 2022, mayoritas bermain di kompetisi Eropa. Sementara itu, hanya lima pemain yang beraksi di Liga Jepang.

    Selain pemain lokal, Jepang ternyata juga terbuka untuk pemain naturalisasi. Sebagai contoh adalah Daniel Schmidt.

    Scmhidt merupakan pemain yang lahir di Amerika Serikat. Dia merupakan satu di antara tiga kiper yang dibawa Jepang ke Piala Dunia 2022.

    Namun, Schmidt bukanlah satu-satunya pemain naturalisasi yang menjadi bagian skuad Jepang di Piala Dunia. Siapa saja pemain lainnya?

    2 dari 5 halaman

    Gotoku Sakai

    Gotoku Sakai merupakan satu di antara pemain naturalisasi Jepang yang bermain di Piala Dunia. Lahir di Amerika Serikat, Sakai mempunyai darah Jerman dari ibunya dan darah Jepang dari ayahnya.

    Sakai pertama kali memulai kariernya di Jepang bersama Albirex Niigata. Selanjutnya, dia pernah memperkuat klub Eropa seperti Stuttgart dan Hamburger SV.

    Bersama Jepang, Sakai memainkan 42 pertandingan, termasuk pada Piala Dunia 2014 dan 2018. Pemain yang berposisi sebagai fullback itu saat ini masih aktif bermain bersama Vissel Kobe.

    3 dari 5 halaman

    Marcus Tulio Tanaka

    Marcus Tulio Tanaka lahir di Brasil. Ibunya merupakan keturunan Brasil-Italia, tetapi ayahnya merupakan generasi kedua imigran Jepang di Brasil.

    Tanaka berposisi sebagai bek tengah. Dia menghabiskan karier sepak bolanya secara keseluruhan di Liga Jepang termasuk memperkuat Urawa Reds Diamonds dan Nagoya Grampus dan Kyoto Sanga.

    Di level internasional, Tanaka masuk skuad Jepang pada Piala Dunia 2010. Sejak debut pada 9 Agustus 2006, Tanaka mencatatkan 42 caps bagi Tim Samurai Biru di semua kompetisi.

    4 dari 5 halaman

    Alessandro Dos Santos

    Alessandro Dos Santos atau biasa dipanggil Alex lahir di Maringa, Brasil pada 20 Juli 1977. Dia pindah ke Jepang pada 1994 pada usia 16 tahun.

    Setelah lulus sekolah menengah, Alex bergabung dengan Shimizu S-Pulse pada 1997. Dia pernah memenangkan J-League bersama Urawa Reds Diamonds dan Nagoya Grampus.

    Alex mendapat status sebagai warga negara Jepang pada 2001. Dia kemudian memperkuat Jepang pada Piala Dunia 2002 dan 2006.

    5 dari 5 halaman

    Wagner Lopes

    Wagner Lopes lahir di Sao Paulo, Brasil pada 29 Januari 1969. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini hijrah ke negeri matahari terbit Jepang pada 1987.

    Lopes tercatat memebela tujuh klub Jepang berbeda selama kurun waktu 15 tahun. Di antaranya Nissan Motors, Kashiwa Reysol, Nagoya Grampus hingga Avispa Fukuoka.

    Pada 1997, Lopes menerima kewarganegaraan Jepang. Dia bermain sebanyak 20 laga bagi Tim Samurai Biru termasuk di Piala Dunia 1998.

    Disadur dari: Bola.net (Aga Deta tayang 1 Desember 2022)

    Video Populer

    Foto Populer